Fakultas Ekonomi dan Bisnis


UTS Mahasiswa Women

SEJARAH

Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat terletak di Indonesia bagian tengah antara Pulau Lombok dan Pulau Flores. Luas wilayah keseluruhan mencapai 11.556,44 km² (45,52% NTB), yang terdiri dari daratan 6.643,98 km², dan lautan 4.912,46 km². Dengan luasan tersebut menjadikan Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya alam cukup besar dengan posisi geostrategis Kabupaten Sumbawa pada jalur lalu lintas perdagangan Surabaya-Waingapu dan berada pada koridor lima Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang berorientasi pada pembangunan pariwisata, perikanan dan peternakan.

Data BPS Sumbawa, 2012 menunjukkan bahwa laju pertumbuhan perekonomian Kabupaten Sumbawa didorong oleh laju pertumbuhan sektor non primer yakni terutama sektor tersier dan sekunder, sedangkan sektor pertanian sebagai sektor primer dan merupakan sektor yang menjadi lapangan usaha sebagian besar masyarakat Kabupaten Sumbawa justru tumbuh dengan laju dibawah rata-rata kabupaten.

Sementara, sektor  SDM Sumbawa mengalami laju pertumbuhan yang tersendat. Setelah menamatkan Sekolah Menengah Atas, generasi muda Sumbawa meneruskan pendidikannya ke luar Pulau Sumbawa. Destinasi pendidikannya adalah di Kota Mataram, Malang, Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta. Setelah menamatkan Perguruan Tingginya, mereka meneruskan mencari perkerjaan dan melangsungkan kehidupannya di kota-kota tersebut dan jarang diantara mereka yang setelah lulus Perguruan Tinggi kembali ke kota Asalnya, yakni Sumbawa untuk membangun Sumbawa.

Atas dasar kekawatiran inilah, Yayasan Dea Mas, Organisasi kemasyarakatan Sumbawa yang bergerak dibidang pendidikan menginisiasi terbentuknya suatu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumbawa (STIES).

Staff

VISI

“Menjadi pembelajaran dan riset di bidang ekonomi dan bisnis yang unggul dan inovatif sehingga dapat berperan aktif dalam pengembangan ekonomi global.”

UTS Mahasiswa Mix

MISI

Menjadi Fakultas Mandiri yang mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dengan selalu berada selangkah lebih maju, mengutamakan perilaku yang mulia, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, budaya, dan etika keilmuan serta berdaya saing tinggi dengan mengutamakan kemandirian dan rendah hati.

Misi ini dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional yang unggul dalam bidang Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi melalui suatu sistem pendidikan tinggi yang terencana, terintegrasi dan fleksibel.
  2. Mengembangkan mutu pembelajaran baik secara akademis, konseptual maupun praktisi yang mampu menghasilkan lulusan sebagai tenaga profesional berjiwa wirausaha dan rendah hati.
  3. Menjujung tinggi Martabat dan nilai-nilai kemanusiaan kesetiaan dan persatuan bangsa yang menganut kebebasan akademik yang bertanggung jawab berdasarkan integritas keilmuan dengan mengandalkan kepakaran, berwawasan kewirausahaan serta mengembangkan kerja sama institusional dalam pendidikan Tinggi.
  4. Melaksanakan program penelitian dengan pengutamaan IPTEK yang kontributif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi semesta alam.
  5. Melaksanakan penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan temuan-temuan yang keberadaannya dirasakan oleh masyarakat.

STIES  yang sudah melengkapi segala persyaratan dokumen pembukaan Perguruan Tinggi akan membuka pendidikan proram sarjana dengan program studi Manajemen dan Akuntansi. Dengan perkembangan ijin yang dilaluinya, STIES kemudian meleburkan dirinya dengan Sekolah Tinggi Teknik dan Teknologi Sumbawa (STTTS) yang juga milik Yayasan Dea Mas menjadi Universitas Teknologi Sumbawa.

Pembukaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa terlebih dahulu telah melalui proses pengkajian dan penelitian yang mendalam serta pertimbangan yang matang sehingga sampai pada taraf kesimpulan tentang pentingnya keberadaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Kabupaten Sumbawa yang menawarkan program studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa berlokasi di Jalan Raya Olat Maras Batu Alang Moyo hulu Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Lokasi yang representatif, terjangkau dari segi jarak pusat kota Sumbawa Besar dan memiliki berbagai disiplin ilmu ekonomi dan bisnis unggulan yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi di Indonesia dalam menghadirkan tenaga profesional-profesional bidang manajerial dan akuntansi.

Dengan dukungan berbagai pihak, syukur alhamdulillah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 65/E/O/2013 berdirilah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa dengan status terakreditasi, terhitung mulai tanggal 14 Maret 2013 dan memiliki tiga program studi.

Ketiga Program studi tersebut adalah Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Seluruh program studi tersebut adalah program studi jenjang sarjana strata-1.

IDENTITAS

Fakul bisnis

  1. Universitas Teknologi Sumbawa memiliki bendera dengan warna dasar Putih dan didalamnya terdapat lambang UTS. Didalam lambang terdapat tiga buah segi enam beraturan berwarna Oranye, dikelilingi garis lintasan elektron berwarna biru dengan tiga buah elektron berwarna merah, biru dan kuning.
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa memiliki lambang bendera dengan bentuk segi enam beraturan berwarna dasar kuning dan di dalamnya terdapat tiga lambang yang berbentuk segi enam beraturan yang dilingkari oleh garis lintasan elektron oval warna biru disertai tiga titik elektron berwarna merah, biru dan kuning.
  3. Makna dan arti lambang :
  • Warna kuning pada dasar bendera/lambang mengandung makna bahwa almamater fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa menghendaki kesejahteraan dan kemakmuran bagi pemangku kepentingannya, masyarakat daerah Sumbawa khususnya dan Negara Indonesia bagian Timur pada umumnya dengan dedikasi Tri dharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Dasar segi Enam, atau Rumah Madu yang sudah diyakini menjadi konstruksi bangunan yang kokoh, mengandung makna bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa diharapkan menjadi wadah yang kokoh yang menghasilkan generasi terbaik yang berwawasan IPTEK dan mampu mendistribusikan harapan berlandaskan pada Falsafah Pancasila.
  • Tiga Segi Enam adalah simbol dari tiga tujuan dasar yang termuat dalam Visi UTS, yakni Cerdas, Mandiri dan Rendah hati. Dengan mengandung makna bahwa sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa memiliki semangat juang yang tidak kunjung padam.
  • Lintasan elektron berwarna biru, mengandung makna futuristik, artinya bahwa UTS didirikan dengan visi jauh kedepan.
  • Tiga Buah elektron berwarna merah, biru dan kuning mengandung makna bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa mencetak manusia–manusia yang mampu menangkap senario ketidakpastian dan merubahnya dengan harapan keberhasilan dengan keberanian, ketenangan dan Bijaksana.

STRUKTUR FAKULTAS EKONOMI & BISNIS

Struktur Organisasi FEB

PIMPINAN FAKULTAS

Dekan : Abdul Hadi Ilman, S.E., M.P.P.
Ketua Program Studi Manajemen : Sri Andriani, S.E., M.M.
Ketua Program Studi Akuntansi : Ahmad Jibrail, S.E., M.A.
Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi : Fitria Permata Cita, S.E., M.E.
Kepala  Bagian Tata Usaha : Muhammad Nur Fietroh, S.E.
Direktur Tax Center : Denny Hambali,S.E., M.Acc., Akt.
Direktur Center for Economic and Social Development : Didi Suwardi, S.E., M.Sc.
Direktur Management and Training Center : Yandri Sudodo, S.E., M.M.
Direktur Galeri Investasi BEI : Abdul Hadi Ilman, S.E., M.P.P.

SENAT FAKULTAS

Senat fakultas adalah lembaga normatif tertinggi di tingkat Fakultas yang keanggotaanya terdiri dari Dekan, Ketua Program Studi, Dewan Guru Besar, dan perwakilan dosen non guru besar dari setiap program studi.

Ketua Senat : Abdul Hadi Ilman, S.E., M.P.P.
Sekretaris :
Anggota Senat Fakultas ex officio :
–          Ketua Program Studi Manajemen : Sri Andriani, S.E., M.M.
–          Ketua Program Studi Akuntansi : Ahmad Jibrail, S.E., M.A.
–          Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi : Fitria Permata Cita, S.E., M.E.
Anggota Senat Perwakilan Program Studi :
–          Program Studi Manajemen : Yandri Sudodo, S.E., M.M.
–          Program Studi Akuntansi : Denny Hambali, S.E., M. Acc., Akt.
–          Program Studi Ilmu Ekonomi : Muhamad Nur Jihadi, S.P., M.Si.

PUSAT KAJIAN

Center for Economic and Social Development

Menjadi lembaga penelitian yang terpercaya dan kredibel dalam menjalankan penelitian, konsultasi, dan pendidikan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan publik yang inovatif dan praktis guna mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut :

  1. Mempercepat pembangunan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan di wilayah Indonesia timur
  2. Meningkatkan tata kelola pemerintah dalam penyediaan layanan publik
  3. Meningkatkan sumber daya manusia lokal yang kompetitif

TAX CENTER

Tax Center (Pusat Pajak) merupakan lembaga yang berfokus pada sosialisasi dan pengembangan di bidang pajak. Lembaga ini terbentuk atas kerjasama FEB UTS dengan Kantor Wilayah Pajak Nusa Tenggara. Melalui pusat pajak ini, mahasiswa (terutama Akuntansi) dapat memperdalam ilmu dan praktek perpajakan yang terjadi di masyarakat. Tax Center dapat melakukan program seminar dan pelatihan perpajakan bagi para bendahara institusi yang menjadi wajib pajak.

MANAGEMENT RESEARCH INSTITUTE

Management Research Institute merupakan lembaga dengan kompetensi di bidang manajemen dan bisnis. Lembaga ini bertekad untuk memberikan layanan jasa konsultasi dan pelatihan manajemen UKM dan perusahaan sesuai dengan praktik manajemen dan bisnis yang modern dan mutakhir, terutama dengan berkembangnya teknologi informasi. Visi besar MRI adalah untuk menciptakan pengusaha-pengusaha kelas dunia yang dilengkapi dengan keterampilan manajemen dan berbasis produk dan kearifan lokal.

GALERI INVESTASI BURSA EFEK INDONESIA

Galeri Investasi merupakan pusat informasi dana layanan bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin melakukan investasi di pasar modal. Galeri investasi ini merupakan hasil kerjasama antara FEB UTS dengan Bursa Efek Indonesia dan Sinarmas Sekuritas. Galeri Investasi ini adalah satu-satunya yang menjadi mitra resmi di Propinsi NTB dan bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat NTB pada khususnya, dan masyarakat Indonesia Timur pada umunya. Disini, kita bisa mempelajari seluk beluk pasar modal dan bahkan dapat mendaftarkan diri menjadi investor pasar modal.

CENTER FOR ECONOMIC AND SOSIAL DEVELOPMENT

CESD memiliki visi untuk menjadi lembaga penelitian yang terpercaya dan kredibel dalam menjalankan penelitian, konsultasi, dan pendidikan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan publik yang inovatif dan praktis guna mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut:

  • Mempercepat pembangunan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan di wilayah Indonesia timur
  • Meningkatkan tata kelola pemerintah dalam penyediaan layanan publik
  • Meningkatkan sumber daya manusia lokal yang kompetitif

KERJASAMA

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS secara konsisten dan kontinyu menyelenggarakan berbagai kegiatan baik yang bersifat keilmuan maupun terapan melalui kerjasama dengan Pemerintah Pusat RI dan Pemerintah Daerah Sumbawa serta lembaga swasta dalam rangka membangun hubungan yang baik antara pemerintah dan lembaga perguruan tinggi.

Pembangunan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni yang kesemuanya bermuara pada pembangunan Ekonomi masyarakat bangsa Indonesia mengharuskan Fakultas Ekonomi UTS memiliki semangat kerjasama yang kokoh.

Berbagai kegiatan kerjasama antara Fakultas Ekonomiyang telah berhasil menorehkan prestasiyang membanggakan baik di tingkat local dan nasional diantaranya adalah menghadirkan Galeri Investasi Bursa Efek UTS, suatu wahana investasi bagi kemajuan pembangunan ekonomi di daerah Sumbawa.

Kedepannya, masih banyak pekerjaan rumah Fakultas Ekonomi Universitas Teknologi Sumbawa dalam rangka memberdayakan pembangunan ekonomi bagi masyarakat bangsa Indonesia yang hanya dapat diraih dengan kerjasama pada Lembaga/institusi  Pemerintah dan Swasta.

Kerjasama ini bukan saja melibatkan Dosen dan tenaga Pendidik saja, melainkan juga keterlibatan para mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan pemberdayaan pembangunan ekonomi masyarakat bangsa Indonesia.

Bidang Kegiatan yang telah memiliki nota kesepakatan kerjasama adalah sebagai berikut:

  1. Pengiriman Dosen Tamu Praktisi untuk memberikan kuliah di Fakultas Ekonomi UTS.
  2. Magang mahasiswa Fakultas Ekonomi UTS.
  3. Penelitian oleh mahasiswa.
  4. Penyusunan Model Pelatihan, Pendampingan dan Program Pemasaran bagi Usaha Kecil dan Menengah Sumbawa.
  5. Penyusunan Studi kasus oleh Dosen Fakultas Ekonomi UTS.
  6. Promosi perusahaan/lembaga & Rekrutmen lulusan.

NAMA PERUSAHAAN/LEMBAGA MITRA KERJASAMA :

  1. Bank Indonesia (BI)
  2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  3. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI)
  4. Bank Mandiri (Persero)
  5. Bank BNI (Pesero)
  6. Bank BRI (Persero)
  7. Bank PT NTB
  8. Indonesia Stock Exchange PT IDX
  9. Sinarmas Sekuritas Tbk
  10. NNT

Berita/Pengumuman Fakultas

Share This: