Fakultas Teknobiologi


SAMBUTAN DEKAN TEKNOBIOLOGI

Khotibul Umam, S.SI., M.SC

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Peneliti Muda!

Dengan segenap syukur dan semangat yang mestinya selalu kita tunjukkan pada Sang Maha Kuasa karena menjadikan kita sebagai insan akademisi yang memiliki peran penting dalam membangun peradaban agama dan bangsa berlandaskan pada pengetahuan pengetahuan ilmiah, maka sepantasnya pula kita manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin. Menjadi mahasiswa artinya anda siap mengimplementasikan ajaran ajaran dasar agama kita -Islam- dan membumikan hadist hadist Nabi Muhammad SAW, karena core-nya islam adalah rahmatan lil ‘alamin. Maka menjadi mahasiswa berarti memposisikan diri anda sebagai para penyebar rahmatan lil ‘alamin ke seluruh penjuru alam.

UTS, Universitas Teknologi Sumbawa sebagai kampus kita tercinta ini mencoba menjembatani peran kita sebagai insan akademisi untuk dapat diterjemahkan dalam aksi yang konkrit, nyata dan actual sesuai dengan corak masyarakatnya sehingga kebermanfaatan manusia terkhusus insan akademis dapat dirasakan. Karena itu jangan terpaku hanya pada pembelajaran kelas, terpusat pada teori teori buku atau menutup mata pada pada realita social yang tidak sesuai dengan bahan ajar. Masyarakat dan lingkungan sekitar membutuhkan kepekaan kita semua sebagai insan akademisi dalam menyelesaikan persoalan persoalan social yang terus berkembang dinamis tanpa terikat oleh teori teori yang ada. Inilah tantangan yang secara umumnya harus dihadapi oleh akdemisi. Terlebih khusus bagi kita sebagai Fakultas Teknobiologi, maka kemelimpahan sumberdaya alam di Sumbawa adalah tantangan sekaligus berkah bagi pembelajaran kita. Tantangan, karena disinilah peran SDM Bioteknologi diuji untuk dapat mengelola SDA secara tepat sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masyrakat Sumbawa. Menjadi berkah, karena kita tidak perlu mencari atau membeli bahan ajar, SDA yang melimpah itulah objek modifikasi biotek kita, menjadi laboratorium alami bagi civitas bioteknologi untuk belajar dan mengelola. Oleh karenanya, jadikanlah setiap tempat yang kita datangi sebagai kelas bukan hanya ruang kelas di fakultas ataupun di universitas kita saja yang bisa memberikan pembelajaran. Sebab ide dan gagasan kita sebagai insan akademisi itu terlalu besar untuk ditampung di ruang ruang kelas kampus kita yang kecil, jadikanlah lingkungan masyarakat adalah kelas, pasar adalah kelas, kebun dan taman adalah kelas dan dimanapun kita berada maka di situ pulalah kelasnya. Semangat inilah yang harus terus kita tanamkan sebagai insan akademisi di Bioteknologi UTS khususnya. Sebab founding father kita memiliki prinsip “grooming the future leader”, yang artinya merawat para pemimpin pemimpin masa depan yang kelak berasal dari kampus ini, Universitas Teknologi Sumbawa. Maka melalui keilmuan yang kita geluti, kita harus mampu menjawab dan mengimplementasikan prinsip tersebut pada diri kita semuanya, baik sebagai mahasiswa maupun dosen di Fakultas Teknobiologi khususnya dan UTS umumnya.

Saya selaku dekan Fakultas Teknobiologi berharap besar kepada seluruh civitas bioteknologi bahwa apapun peminatan yang anda pilih artinya anda siap untuk merencakan kesuksesan yang gemilang melalui bidang atau peminatan yang anda geluti tersebut tanpa harus menyikut orang orang di kiri kanan anda. Justru semakin banyak persaingan, semakin matang anda dalam menyongsosng masa depan nantinya. Terkhusus pada mahasiswa kami di Bioteknologi, maka saya sampaikan bahwa di pundak anda lah Bioteknologi mendatang kami titipkan. Selamat berkarya selamat menjadi peneliti muda!

Hormat saya,

Dekan Fakultas Teknobiologi

Khotibul Umam, S.Si.,M.Sc.

UTS Mahasiswa Women

PROFIL

Fakultas Teknobiologi, Universitas Teknologi Sumbawa, sebagai institusi pendidikan tinggi bertujuan menghasilkan sarjana teknobiologi yang berkualitas dengan bekal pengetahuan dan keahlian bioteknologi modern yang mampu mengambil peran dalam memecahkan permasalahan  lokal, nasional dan global dengan berlandaskan kearifan lokal.

UTS Mahasiswa Mix

VISI

Menjadi fakultas unggul dan inovatif, yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian di bidang bioteknologi menggunakan standar internasional dengan berorientasi pada pengembangan kekayaan dan kearifan lokal, demi kepentingan bangsa Indonesia.

Mahasiswa Ujian

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang bioteknologi bertaraf internasional untuk menghasilkan lulusan yang bermoral dan berkualitas dalam rangka mencerdaskan bangsa dan membangun negara.
  2. Meningkatkan penyelenggaraan riset berbasis keunggulan lokal dalam rangka mendorong dan memfasilitasi pengembangan dan  aplikasi ilmu bioteknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  4. Mengembangkan organisasi fakultas untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan manajemen yang transparan, akuntabel dan berkualitas secara  berkelanjutan.

STRUKTUR FAKULTAS TEKNOBIOLOGI

Untitled

Berita/Pengumuman Fakultas

Share This: