Pengumuman Beasiswa Bidik Misi Universitas Teknologi Sumbawa



Pengumuman Beasiswa Bidik Misi Universitas Teknologi Sumbawa

Kabar Gembira untuk masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu Universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) memberikan kepercayaan kepada UTS untuk mengelola Beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidik Misi). 

Beasiswa Bidik Misi diberikan kepada calon mahasiswa UTS yang telah dinyatakan lulus SMA pada tahun 2016 atau tahun 2015 yang berusia maksimal 21 tahun pada 01 Juli 2016. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa miskin namun berprestasi dan memiliki motivasi tinggi untuk menuntut ilmu. Adapun kriteria tidak mampu adalah bahwa penghasilan gabungan orangtua penerima maksimal Rp.   3.000.000,- per bulan atau total penghasilan dibagi jumlah total tanggungan keluarga maksimal Rp.  750.000,- per bulan. Pemegang Kartu Indonesia Pintar atau sejenisnya juga dianggap memenuhi syarat tidak mampu tersebut. Disamping itu pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya adalah Strata 1 (sarjana) atau Diploma 4. Pendaftaran ditutup pada hari Jumat tanggal 01 Juli 2016. Pendaftar yang dinyatakan lulus akan mendapatkan fasilitas beasiswa berupa : Bebas biaya kuliah selama 8 semester dan uang saku bulanan.

Adapun tata cara pendaftaran adalah :

  1. Download Formulir Pendaftaran mahasiswa baru UTS serta Formulir Beasiswa Bidik Misi pada website ini (formulir juga dapat diambil langsung di kampus UTS, Jl. Raya Olat Maras, Kec. Moyo Hulu, Sumbawa-NTB).
  2. Isi kedua formulir tersebut dengan lengkap, jelas dan detail.
  3. Lengkapi berkas yang diperlukan, yaitu:
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Fotocopy Ijazah SMA yang dilegalisir
  • Fotocopy Transkrip Nilai Ujian Nasional yang dilegalisir
  • Fotocopy raport semester 1 s/d semester 5
  • Sertifikat prestasi / surat keterangan prestasi
  • Fotocopy Kartu Pengaman Sosial, Kartu Indonesia Pintar (jika ada)
  • Slip gaji orang tua / wali untuk Pegawai Negeri atau Pegawai swasta
  • Surat keterangan penghasilan orang tua untuk wiraswasta atau pekerja lepas yang dikeluarkan oleh Kepala Desa
  • Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
  • Fotocopy rekening listrik bulan terakhir dan atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan oleh orangtua/wali
  • Pas Foto 4 x 6 berwarna 4 lembar

4. Satukan serta susun formulir serta berkas tersebut secara berurutan dalam map berwarna kuning. Pada bagian depan map, tuliskan nama lengkap anda serta tambahkan tulisan : “Pendaftar Bidik Misi”.

5. Kirimkan formulir serta berkas tersebut paling lambat tertanggal 01 Juli 2016 (cap pos) ke alamat:
Universitas Teknologi Sumbawa Jl. Olat Maras, Batu Alang, Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa-NTB Kode Pos: 84371 Catatan: Berkas juga bisa dikirim secara langsung ke Kampus UTS tanpa melalui Pos.

6. Lakukan pembayaran uang pendaftaran masuk di UTS sebesar Rp.   250.000,- ke rekening Bank BRI nomor 0093-01-008612-53-9 a.n. Penerimaan Mahasiswa Baru. Pembayaran juga dapat dilakukan secara langsung di loket informasi Rektorat, Kampus UTS Sumbawa pada saat pengiriman berkas secara langsung.

7. Lakukan konfirmasi pembayaran dan pengiriman berkas ke nomor +62 8180 5775 723 melalui Whatsapp atau telpon. Tidak diperkenankan konfirmasi melalui SMS. Pembayaran melalui rekening maupun langsung di loket, tetap diharuskan melakukan konfirmasi ke nomor tersebut.

8. Pendaftar akan dihubungi via telpon untuk melakukan wawancara. Jika diperlukan, UTS juga akan melakukan kunjungan lapangan untuk mengecek kebenaran data yang dikirimkan pendaftar.

9. Pengumuman pendaftar yang lulus akan dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 30 Juli 2016 melalui website UTS www.uts.ac.id

10. Keputusan tim seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Download file :

Share This:


Comments are closed.