Ciptakan DORAMI, Putri dan Sayla Ikut Kompetisi MTQMN



IMG-20190703-WA0026

Sholihah Putri Syahidah dan Sayla Salsabila merupakan mahasiswi Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2016, yang berhasil lolos pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-XVI, cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ). Ini merupakan kali kedua UTS terpilih setelah 2018 lalu di Universitas Brawijaya Malang dengan judul “Potensi Nanohydoxiapatite dalam Terumbu Karang Mati Daerah Sumbawa sebagai Bahan Bioaktif pada Implant Gigi (Tinjauan QS. Yunus:61 dan QS. An-Nahl:14)”.

Berawal dari melihat fenomena  dalam masyarakat saat ini, dimana terjadi krisis karakter terhadap anak yang disinyalir diakibatkan oleh pengaruh teknologi, namun kondisi ini kembali kepada orang tua,  Merajuk QS. Ar-Rum:30 “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus pada agama (islam) sesuai fitrah Allah sebab Dia menciptakan manusia menurut fitrah itu”. Dan anak dilahirkan dalam keadaan suci, namun orang tua yang membawa anak menjadi beriman atau tidak.

KTIQ yang merupakan mata lomba karya ilmiah tentang ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial yang dikaitkan dengan isi kandungan Al-Qur’an. Maka Putri dan Sayla akan menciptakan aplikasi DORAMI. Dengan bimbingan serta arahan dari dosen pembimbing dan pembina kendala yang dihadapi dapat dilalui.

Persiapan serta usaha yang maksimal, Putri dan Sayla berhasil mengalahkan peserta lainnya dari berbagai kampus wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Tidak lepas dari gemblengan Pembimbing, Yossi Erlina, S. Psi., M. Psi, serta pembina Mietra Anggara, M. ST, Ani Nur Aisyah, S. Tp., M. Si sebagai pembina.

Musabaqah yang akan dilaksanakan pada (28/7-4/8) mendatang, Putri dan Sayla akan tampil mempresentasikan karyanya “Implementasi DORAMI (Dongeng Berirama Kisah-Kisah Qur’an) Sebagai Media Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini”. Bersama dengan 50 kelompok peserta lainnya di Universitas Syiah Kuala Aceh.

Atas keberhasilan Putri dan Sayla, menjadikan UTS satu-satunya kampus di wilayah Bali-Nusra yang lolos untuk ikut dalam ajang MTQMN tahun ini.

Humas dan Protokoler UTS

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 6 =