Lagi! Mahasiswa UTS Wakili NTB di JPI Tingkat Nasional



WhatsApp Image 2018-09-28 at 09.47.37

SUMBAWA BESAR, (28/09/2018)

Dua mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Aldi Hardiansyah dan Karina Permata Ardata akan wakili Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional, 5-11 Oktober 2018 mendatang di Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Aldi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menuturkan setelah menjalani seleksi tingkat kabupaten, (18-19 April 2018), dari enam perwakilan, terpilih dua orang delegasi dari Kabupaten Sumbawa setelah mengikuti beberapa rangkaian tes seperti tes pengetahuan umum, keperibadian, minat dan bakat, tes psikologi, public speaking yang dilakukan DISPOPAR NTB (17-18 September 2018) lalu di tingkat provinsi.

Ia juga menambahkan secara keseluruhan NTB mengirimkan 14 orang delegasi dengan pembagian 7 putra dan 7 putri yang akan membawakan tema “NTB Bangkit”. Tema tersebut diharapkan dapat memberi informasi kepada masyarakat Indonesia bahwa NTB sudah aman dan layak untuk dijadikan pilihan oleh para wisatawan setelah bencana gempa bumi yang menimpa NTB beberapa waktu lalu.

“Setelah ditempa oleh bencana alam, jadi kita ingin menunjukkan bahwa NTB itu sudah siap dan aman untuk dikunjungi kembali sebagai salah satu destinasi wisata pilihan di Indonesia,” ungkapnya.

Saat ditanyai mengenai rangkaian kegiatan, Jumat (28/9), Karina dari Fakultas Psikologi menjelaskan menurut jadwal tentative yang dikirimkan ke setiap peserta akan ada kegiatan pentas seni dari setiap provinsi, kirab budaya, penanaman bibit pohon, permainan tradisional, pameran, hasta karya, dan kunjungan wisata.

Dengan adanya rangkaian kegiatan tersebut, menurutnya, ada harapan agar Sumbawa juga bisa dikenal sebagai bagian dari pariwisata NTB. Ia beralasan selama ini Sumbawa lebih dikenal sebagai Sumba di NTT. Karena itu, melalui kesempatan tersebut, Sumbawa perlu ditunjukkan sebagai salah satu kabupaten di NTB yang juga memiliki sejuta destinasi bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

“Harapannya, Sumbawa lebih dikenal lagi pariwisatanya. Sumbawa juga perlu dikenalkan pariwisatanya di Indonesia. Sumbawa ini kan masih banyak di sebut Sumba. Jadi kita ingin mengenalkan Sumbawa itu bagian dari NTB juga,” tutur gadis jangkung cantik itu.

Sebagai informasi, kegiatan JPI merupakan pertemuan pemuda-pemudi terbaik dari 34 provinsi Indonesia yang diadakan sejak tahun 2011. Tujuan utama kegiatan tersebut untuk membangkitkan semangat anak muda Indonesia yang diharapkan dapat berperan sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam masyarakat. Mahasiswa UTS sendiri sudah ketiga kalinya berhasil mencatatkan nama mewakili provinsi NTB ke tingkat nasional pada kegiatan tersebut.

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =