Magang di Pertamina Hulu Mahakam, Mahasiswa UTS Akui Banyak Hal Menarik



WhatsApp Image 2018-11-15 at 11.07.26(1)Rahmi saat turun lapangan melakukan pengecekan alat

Batu Alang, (28/11/2018)

Rahmiati br Kombih mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) asal Aceh mendapat kesempatan kerja praktik di salah satu tempat paling istimewa Pertamina yakni Pertamina Hulu Mahakam (PHM), Balikpapan, Kalimantan Timur, selama 2 bulan terhitung 15 Oktober-15 Desember 2018 mendatang.

Berawal dari tawaran kakak tingkat di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Metalurgi dan mendapat persetujuan dari HRD PHM untuk medical cek-up dan melengkapi berkas, saat ini Rahmi (panggilannya) ditempatkan di Divisi Field Operation.

“Aku sehari-hari kerjanya di depan komputer ng-input data. Sesekali ke lapangan juga buat lihat langsung proses pengolahan minyak dan gas, serta perawatan pada alat-alat yang sudah tidak dipakai lagi,” tuturnya saat dihubungi via seluler.

Saat ditanyakan mengenai pengalaman sejak berada di PHM, Rahmi mengakui banyak hal menarik di perusahaan tersebut. Mulai dari turun lapangan dan berinteraksi langsung dengan alat-alat industri, standar safety yang diterapkan, hingga akses masuk ke kantor dan pengawasan keselamatan di lapangan kerja yang sangat ketat.

“Terutama di site itu, pengawasan keselamatan sangat ketat. Setiap orang mau visit ke site harus memiliki MCU yang bersertifikasi. Bahkan ada simulasi pertolongan pertama bagi korban kecelakaan setiap 2 bulan,” tungkasnya.

Selain dapat mengenal sistem kerja yang menuntut harus disiplin, ia juga merasa beruntung mendapat kesempatan magang serta bekerja sama dengan alumni universitas-universitas besar di Indonesia dan bisa memegang sertifikat dari pihak PHM setelah selesai. Untuk ke depannya, ia sendiri berencana untuk melanjutkan tugas akhir dan tengah memilih judul skripsi saat ini.

“Semuanya tidak terlepas dari Rahmat Allah. Untuk Kak Netty dan Mikail terima kasih sudah memercayai untuk ikut jejak kalian, Pak Andy (Rektor UTS) terima kasih banyak atas arahan dan bimbingannya. Terima kasih buat ibu yang support semua dan jadi tempat berkeluh kesah. Terima kasih banyak sahabat dan teman-teman yang sudah kasih semangat untuk bisa magang di PHM. Dan untuk UTS terlebih terima kasih sudah menjadi wadah pembelajaran yang bisa membentuk karakter yang kuat,” tutupnya berterima kasih.

 

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + three =