Mahasiswa KKN UTS Kelompok 1 di Desa Plampang Pamitan



KKN-UTS-Plampang-22-660x330SUMBAWA BESAR, SR (02/09/2018)

Acara pamitan Mahasiswa KKN Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Kelompok I di Desa Plampang berlangsung semarak. Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Desa Plampang, kemarin ini, dihadiri Kepala Desa Plampang, unsur Muspika, kepala dusun, ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Tarian yang ditampilkan mahasiswa UTS dan vocal dari murid SDN 1 Plampang ini membuat suasana cukup meriah.

Ketua Kelompok KKN UTS, M. Arthur Indra Wijaya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Desa Plampang yang terima menerima mereka baik selama melaksanakan program kemahasiswaan di luar kampus. Dari kegiatan ini, mereka banyak menimba ilmu, belajar dan dibimbing serta mendapat dukungan dari para pihak di Desa Plampang termasuk karang taruna, remaja masjid, BUMDes, dan Komunitas Pecinta Alam Plampang (PETANG).

Untuk diketahui, KKN yang dilaksanakan mahasiswa UTS Kelompok I ini dimulai 1 Agustus dan berakhir 31 Agustus kemarin. Arthur menyadari kehadiran mereka belumlah dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap Desa Plampang, namun diharapkan dapat memberi sedikit perubahan dan warna. “Kami sudah berusaha semampu kami untuk Desa Plampang tercinta ini. Kami berharap agar beberapa program yang telah diterapkan selama ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan,” pintanya.

Di bagian lain, Arthur memuji sikap dan penerimaan pemerintah dan masyarakat Desa Plampang yang ramah, dan bersahabat sehingga membuat mereka merasa nyaman dan damai. Meski masyarakatnya berasal dari beragam suku yang berbeda, namun nilai kebersamaan terasa sangat kental. “Kami sangat sedih meninggalkan desa ini. Kami sebenarnya ingin berlama-lama di sini, namun sayangnya waktu yang membatasi,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Plampang, Jufrianto mengatakan atas nama masyarakat Desa Plampang menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa UTS yang memilih desanya untuk sasaran pengabdian dengan berbagai program. “Apa yang belum terpikirkan oleh kami pemerintah desa di sini, alhamdulillah berkat anak-anak KKN UTS ini wawasan dan pengetahuan kami bertambah dalam rangka memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jufrianto.

Ada beberapa program yang ditawarkan mahasiswa KKN UTS ini. Disebutkan Kades Jufri, di antaranya Ekowisata Air Terjun Palman, Budidaya Janur Tiram, dan Pembentukan Bank Sampah. “Semoga jejak yang telah ditinggalkan oleh mahasiswa dapat berlanjut,” imbuhnya.

Dosen Pendamping Mahasiswa KKN UTS, Wirintaje S.Pd., M.Pd menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh pemerintah dan masyarakat Desa Plampang bagi kelancaran kegiatan mahasiswanya. Ia berharap program pemberdayaan yang telah dilaksanakan mahasiswanya di desa tersebut menjadi sumbangsih dan konstribusi bagi masyarakat setempat. Tentunya dapat dilanjutkan agar berkesinambungan seperti budidaya jamur tiram dan lainnya.

Di akhir malam pamitan ini, dilakukan penyerahan cindera mata mahasiswa KKN yang diwakili Wirentaki S.Pd., M.Pd kepada Kepala Desa Plampang, Jufrianto. Mereka juga berpamitan dengan Camat Plampang Ir. Nawawi. (BUR/SR)

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 5 =