Pakar Biosensor Jepang, Prof. Dr. Wakako Tsugawa Isi Kuliah Umum di UTS



WhatsApp Image 2018-12-05 at 07.24.35Prof. Tsugawa bersama Dosen Fakultas Bioteknologi dan Sekolah Pascasarjana

Batu Alang (05/12/2018)

Fakultas Teknobiologi dan Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mendapat kunjungan Professor Wakako Tsugawa dari Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) Division of Biotechnology and Life Science. Kegiatan yang berlangsung di gedung Workshop STP, Senin, (3/12/2018) tersebut berlangsung cukup padat dengan pemaparan dan pengenalan Fakultas Teknobiologi, presentasi riset dosen Bioteknologi, dan profil dari Sekolah Pascasarjana UTS.

Kuliah umum tersebut membahas tentang kelebihan dan kekurangan teknologi Biosensor yang terus berkembang dari generasi I hingga model terakhir generasi ke-III. Saat ini, tuturnya, bersama tim di Laboratoriumnya tengah melakukan riset yang fokus pada pengembangan Teknologi Biosensor generasi 2.5 untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dari generasi Biosensor sebelumnya.

Prof Tsugawa (panggilannya) juga mengungkapkan kekaguman terhadap dosen-dosen di Fakultas Bioteknologi. Menurutnya, dosen-dosen tersebut memiliki selera yang menarik dibidangnya masing-masing. Selain itu, Ia juga mengimbau kepada mahasiswa agar berusaha lebih keras untuk mendapatkan kesuksesan.

“Kalian para dosen memang memiliki passion yang menarik di bidangnya masing-masing, para mahasiswa harus lebih banyak belajar dan menunjukkan effort yang lebih agar sukses nantinya,” ungkap professor dari negeri Sakura itu.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut juga diselingi dengan penampilan UKM Hokussei, yakni UKM yang fokus dengan pembelajaran bahasa Jepang dengan menampilkan lagu-lagu berbahasa Jepang. Di sela-sela sesi, beliau menyampaikan kekagumannya terhadap orang Indonesia. Hal ini didasari dengan keuletannya dan kegigihan khususnya mahasiswa Indonesia dalam bekerja dan belajar sebagaimana yang ada di laboratoriumnya. Kegiatan berakhir dengan foto bersama dan pemberian cinderamata dari Fakultas Teknobiologi maupun Sekolah Pascasarjana. Agenda dilanjutkan dengan mengunjungi laboratorium dan Dekanat Fakultas Teknobiologi. (um)

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 4 =