Pemulihan Daerah Bencana Desa Kerato oleh Mahasiswa UTS



PHBD

Program Hibah Bina Desa (PHBD) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Di sisi lain, masyarakat desa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan ketahanan nasional di wilayah Republik Indonesia.

Di tahun 2019 ini, Nova Adhitya Ananda, M.M, mengemban amanah sebagai pembimbing sepuluh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Resimen Mahasiswa Yudha Manggala UTS, yakni Muhammad Nur, Andri Lis One Ardhani, Yeni Marlina, Muhammad Fauzi, Putra Karunia Akbar, Aan Apriliansyah, Wira Zulkarnaen, Haidar Azmi, Kiki Zakiah, Ernawati, untuk menjalankan Program Hibah Bina Desa (PHBD) di desa Kerato, Kecamatan Unter Iwes sejak bulan juni hingga November 2019 mendatang.

Desa kerato merupakan desa dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di kecamatan Untir Iwes. Peternakan unggas, salahsatu mata pencaharian terbesar diwilayah ini. Pasca bencana banjir 2016, 2017 serta gempa 2018 lalu, sebagian kelompok masyarakat kehilangan sumber penghasilan utamanya. Selain dampak bencana, adanya ketidak stabilan harga bahan pokok yang merupakan bahan utama dalam produksi, bahkan menjadi kendala terbesar hingga sekarang.

“Pemulihan Daerah Benacana Desa Kerato” merupakan tema sekaligus tujuan utama dalam kegiatan PHBD ini. Serta mengembalikan pekerjaan sebagian besar masyarakat di desa Kerato dan memfasilitasi mereka dalam hal koordinasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

Dengan dana sejumlah 24 juta, mahasiswa pelaksana PHBD juga akan membentuk kondisi yang kondusif dalam bidang peternakan, sehingga lingkungan peternakan siap ketika menghadapi bencana dikemudian hari.

Humas & Protokoler UTS

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + one =