Ikuti Profesional Fellowship Program, Rektor UTS Pelajari Program Northeastern University



WhatsApp Image 2018-09-29 at 22.27.04Rektor UTS saat perpisahan dengan seluruh dosen dan staf UTS

BATU ALANG, (05/10/2018)

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) akan mengikuti program untuk para profesional (Profesional Fellowship Program) yang disponsori secara penuh oleh Kementerian Luar Negeri (Department of State) Amerika selama 6 minggu terhitung 5 Oktober 2018 ini.

Dr. Andy Tirta, M.Sc mengungkapkan program Young South East Asian Leader Initiative (YSEALI) merupakan kegiatan tahunan dari pemerintah Amerika untuk leader-leader dari berbagai kelembagaan. Dr. Andy (sapaan akrab rektor muda itu) mengungkapkan, rencananya, ia akan berada di Amerika selama 6 minggu, minggu pertama dan terakhir akan berada di Washington DC untuk masa pembekalan dan pelaporan, dan 1 bulan lainnya akan berada di negara bagian untuk penempatan.

“Alhamdulillah pagi ini, info penempatan saya di Amerika sudah diberikan, di mana saya akan ditempatkan di Northeastern University (NU), Boston-Massachusetts, selama 1 bulan di bawah supervisi langsung salah seorang Vice President NU,” tangkasnya saat perpisahan dengan seluruh staf dan dosen UTS.

Menurutnya, salah satu hal menarik dari NU adalah Co-op Program yaitu program magang yang menjadi bagian dari kurikulum dengan minimal durasi 6 hingga 18 bulan. Program itu akhirnya menempatkan kampus NU menjadi nomor satu untuk urusan magang dan nomer 2 se-Amerika untuk penerimaan kerja bagi para lulusannya.

“Pada saat magang nanti, saya bisa melihat day to day activities, bagaimana sistem operasionalnya, program kerja, cara mereka menjalin kerja sama dengan pihak eksternal di mana salah satunya dengan perusahan penempatan magang atau penerima lulusan, dan bagaimana kampus berinteraksi dan berkontribusi langsung dengan masyarakat. Alhamdulillah! Dalam program tersebut, saya juga akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan kampus-kampus lainnya di sekitar Boston,” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh civitas akademika UTS agar keikutsertaannya mendapat banyak kebaikan dan manfaat. Dengan tujuan, program-program unggulan yang diterapkan di NU dapat diaplikasikan di UTS dan Sumbawa khususnya serta jika memungkinkan di Indonesia secara umum. (adn)

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 16 =