Sadar Pentingnya Menulis, Prodi Elektro Gelar Seminar dan Workshop



20191212_145219

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menggelar kegiatan Seminar dan Workshop Penulisan Karya Ilmiah pagi tadi (12/12), di ruang multimedia Gedung STP. Mengusung tema “MS. Word Bukan (Satu-satunya) Media Literasi)”.

Dekan Fakultas Teknik (FT), Mietra Anggara, MT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan sudah menerapkan Higher Order Thinking Skill (HOTS), yang artinya kemampuan untuk berpikir kreatif, berfikir logis dan berfikir kritis. Dekan FT juga mengapresiasi atas berlangsungnya kegiatan tersebut. Pasalnya, masih banyak mahasiswa kreatif dalam berfikir, namum kesusahan mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulisan.

“sehingga karya yang disampaikan dalam bentuk gagasan tadi tidak tersampaikan dengan baik dalam bentuk tulisan”, ungkap dekan FT.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Mietra Anggara, Ketua Program (KaProdi) Studi Teknik Elektro, Indra Darmawan, S.T.,M. Eng menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa, kadang-kadang masih kesulitan menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Indra Darmawan juga memaparkan tujuan diselenggarakannya seminar dan workshop antara lain, untuk bisa menghasilkan karya ilmiah yang sesuai dengan standar baku yang benar-benar layak untuk dipublikasikan.

Indra Darmawan berharap, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa yang sudah mulai garap skripsi atau PKM paham, bagaimana menulis yang baik, menghargai tulisan orang lain dan juga bagaimana menulis jurnal dalam bentuk aplikasi yang memang distandarkan oleh setiap jurnal.

Pemateri dalam kegiatan seminar dan workshop merupakan dosen UTS yang jurnalnya beberapa kali pernah terpublikasi di tingkat Nasional dan Internasional. Muhammad Hidayatullah, M.Sc memaparkan tentang “penulisan ilmiah”, M. Julkarnain, M.Sc terkait “penggunaan aplikasi Latex” dan Paris Ali Topan, M.Eng tentang penggunaan aplikasi Medley.

Terselenggaranya ketiatan juga merupakan kerjasama dengan himpunan mahasiswa elektro, ASTRO (Asosiasi Teknik Elektro) Universitas Teknologi Sumbawa. (Herman)

Humas & Protokoler UTS

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *