Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Happy People

Selamat datang di website Universitas Teknologi Sumbawa, saya merasa beruntung bisa memimpin kampus yang berada di kaki bukit Olat Maras atau bukit kebahagiaan.

UTS memiliki Visi “Menjadi rumah pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan untuk tumbuh utuh dan bermanfaat bagi semesta alam”, sebagai kampus yang baru berumur 7 tahun membuat UTS terus berkarya. UTS senantiasa menjadi rumah bagi kita semua, siapapun bisa datang ke UTS menerima dan memberi manfaat,  karena UTS adalah rumah untuk kita semua, seperti yang selalu disampaikan oleh pendiri UTS bapak Dr. Zulkieflimansyah bahwa “UTS Is Our Home”  karena ini merupakan rumah kita maka kita harus merasa nyaman, senang dan bahagia berada disini.

Dalam 4 tahun kedepan UTS mengusung slogan Membumi dan Mendunia, Membumi berarti bahwa UTS harus dapat menjadi solusi permasalahan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, Mendunia berarti bahwa UTS harus turut serta dan berperan aktif dalam Tridarma Perguruan Tinggi di kanca global.

Sebagai contoh untuk mendukung pengurangan jumlah emisi gas rumah kaca dan mengurangi polusi udara, UTS memiliki inisiatif untuk menciptakan motor listrik yang kami beri nama NgebUTS, dalam waktu dua bulan kami sudah menyelesaikan 2 prototipe,  melalui kerjasama dengan industry/usaha kecil menengah lokal.

Selain itu kami juga tengah menyambut dan mempersiapkan program Desa binaan dalam upaya merealisasikan program kampus merdeka yang digagas pemerintah. Tiap semester kami melaukkan program pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat di 10 Desa yang telah ditunjuk.

UTS sebagai kampus yang masih relatif muda, telah mampu bersaing dengan universitas-universitas besar dan ternama baik di dalam Negeri maupun di Luar Negeri. Prestasi yang membanggakan sudah banyak diraih, diantaranya:  student exchange dengan Universitas partner, menerima internship mahasiswa Luar Negeri hingga menyelenggarakan event-event tingkat Nasional dan International. Dan pertengahan  tahun 2020 UTS ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan event International Asian Productivity Organization (APO).

Dalam era revolusi industri era 4.0, lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat bersaing secara global, sebagai wujud untuk membekali para lulusan UTS kami memberi pembekalan dengan tiga komptensi yaitu, Kemapuan berbicara di depan umum (public speaking), kemampuan bebricara dalam bahasa asing, dan kemampuan sesuai keahlian.

Kami ucapka terimaksih kepada seluruh mitra yang telah bekerja sama dengan UTS, dan orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya untuk mengenyam pendidikan di UTS. Kami percaya bahwa UTS adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan diri menjadi manusia utuh dan memberi manfaat bagi sesama.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat kami,

Chairul Hudaya, Ph.D

Rektor UTS

Ir. Chairul Hudaya, ST., M.Eng., Ph.D., IPM

Principal Ir. Chairul Hudaya, ST., M.Eng., Ph.D., IPM Assistant Professor (2017 – now) Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Universitas Indonesia Head (2018 – now) Energy System Engineering Master (S2) Study Program, Faculty of Engineering UI Finance and Grant …

Share This: