SMAN 1 Sumbawa bertandang ke UTS untuk Belajar Pasar Modal



SMAN 1 Sumbawa bertandang ke UTS untuk Belajar Pasar Modal

SMA Negeri 1 Sumbawa Besar kembali melakukan kunjungan ke Universitas Teknologi Sumbawa, tepatnya ke Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. Kunjungan yang ketiga kalinya ini dilakukan pada Jumat, 18 November 2016. Menurut Sri Rahayu, guru Jurusan Ekonomi SMAN 1 Sumbawa Besar, kunjungan dilakukan agar siswa kelas sebelas jurusan Ekonomi bisa memperoleh gambaran nyata mengenai apa sebenarnya pasar modal, termasuk perangkat pasar modal lainnya, seperti saham dan pasaranya. Jika dalam pembelajaran sehari-hari siswa sekolah hanya bisa mengira-ngira, maka di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia ini, mereka mendapatkan pemahaman yang nyata tentang bagaimana sebenarnya pasar modal itu, termasuk transaksi dan cara kerjanya.

Dalam acara yang berdurasi sekitar satu jam setengah ini, siswa SMAN 1 Sumbawa turut disambut oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bapak Abdul Hadi Ilman, S.E, M.P.P. Dalam sambutannya di awal acara, pria yang mengenyam pendidikan S2 di Korea ini memberikan pemahaman sederhana kepada siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa. Beliau menganalogikan pasar modal itu mirip seperti Pasar Seketeng di Sumbawa, prinsipnya sama, yang berbeda adalah produk yang dijual. Dengan analogi sederhana ini, siswa jadi lebih mudah memahami cara kerja pasar modal.

img_06981

Puteri Munira, staf galeri Investasi Bursa Efek Indonesia menambahkan, “Untuk memperoleh investasi secara rill dan nyata mengenai investasi pasar modal Bursa Efek Indonesia (BEI), untuk kawasan Indonesia Timur ini memang baru ada di Universitas Teknologi Sumbawa. Karena Universitas Teknologi Sumbawa adalah lembaga pendidikan, maka kami selalu bersedia untuk berbagi ilmu terkait dengan pihak-pihak yang mau belajar mengenai ini (Pasar Modal/Investasi BEI—red).”

Sebagai tambahan, ini adalah kali ketiga Sri Rahayu mengajak murid-muridnya bertandang ke UTS untuk mempelajari Pasar Modal. Bu Ayu, begitu ia biasa disapa, mengaku bahwa memberikan pemahaman yang nyata terhadap siswa-siswi sekolah menengah adalah hal yang penting untuk dilakukan, agar siswa mengerti benar apa yang sedang dipelajari. Tidak hanya bagi guru, manfaat ini ternyata dirasakan juga oleh siswa, salah satunya adalah Wahyu Rahman Maulana, siswa kelas XI SMAN 1 Sumbawa yang menjadi peserta dalam acara workshop di Galeri Investasi BEI UTS, “Materinya seru dan menarik, ada kuis juga. Intinya kita jadi tahu pasar modal itu tidak ribet, malah sederhana dan menarik,” tuturnya saat dihubungi sesaat setelah acara. (SMH/Humas Universitas Teknologi Sumbawa)

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − ten =