UPT LPMU


SEJARAH

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Teknologi Sumbawa dibentuk berdasarkan SK Rektor No : 012/UTS/Rektor/KP/2013. Tugas utama lembaga ini adalah mengembangkan dokumen sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi berdasarkan konsep “Peningkatan Mutu Berkelanjutan” (continuous quality improvement). Dalam menjalankan fungsinya, LPMU akan bertindak sebagai “Management Representatif” universitas dalam mengelola dan mengendalikan fungsi-fungsi sistem manajemen mutu di seluruh unit/level manajemen UTS.

Bentuk pengelolaan dan pengendalian yang dimaksud adalah dengan menjalankan fungsi Monitoring dan Evaluasi Internal melalui mekanisme Audit Mutu Internal (AMI) untuk memastikan bahwa setiap unit telah menjalankan proses penjaminan mutu berdasarkan visi-misinya. Untuk itu, lembaga ini bertanggungjawab untuk melakukan proses pendampingan, asistensi dan evaluasi hasil pengembangan dokumen akreditasi bagi setiap program studi dalam lingkungan UTS. Untuk menjalankan sistem penjaminan mutu tersebut, UTS mengadopsi sistem manajemen mutu menggunakan standar ISO 9001 : 2009. Keputusan untuk mengadopsi standar ISO ini berdasarkan pertimbangan karena ruang lingkup sistem penjaminannya cukup komprehensif atau “total quality management”.

Ruang lingkup dokumen sistem mutu yang dikembangkan meliputi seluruh unit/level dalam institusi, yang secara garis besar, spektrum ini terdiri dari 2 (dua) aspek yaitu penjaminan mutu manajemen dan penjaminan mutu akademik. Tujuan peningkatan mutu akademik yakni untuk memastikan bahwa lulusan memiliki kompetensi dan pengalaman belajar sesuai yang dirumuskan dalam Spesifikasi Program Studi dengan tingkat efisiensi edukasi (rata-rata masa studi dan IPK) yang optimal, serta relevansi program penelitian dan pengabdian dengan tuntutan masyarakat. Secara umum, peningkatan mutu di UTS bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan, administrasi, manajemen dan akademik sehingga dapat meningkatkan kepuasan stakeholders.

VISI

Terbangunnya Lembaga Jaminan Mutu dan Kualitas Akademik yang terencana, terarah dan berkesinambungan dalam rangka mewujudkan UTS menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berbasis IPTEK dan IMTAQ

MISI

Adapun Misi LPMU UTS adalah sebagai berikut :

  1. Menyusun dan mengembangkan kebijakan mutu, manual mutu dan standar mutu akademik serta instrumen penjaminan mutu akademik.
  2. Memastikan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Akademik di seluruh unit lingkungan UTS Sumbawa.
  3. Melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggarakan sistem penjaminan mutu akademik.
  4. Menyelenggarakan Audit Internal Mutu Akademik di setiap unit di lingkungan UTS Sumbawa.

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua : Sutarjon, S.Pd
Sekretaris : Jannatun Aliyah, S.Kom
Anggota : –          Lukmanul Hakim, M.Pd
–          Roni Hartono, M.Pd

PROGRAM KERJA

Sistem Penjaminan Mutu dipandang sebagai salah satu cara untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi. Secara umum, pengertian penjaminan mutu (quality assurance) pendidikan tinggi adalah:

  1. Proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pelanggan memperoleh kepuasan.
  2. Proses untuk menjamin agar mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan/dijanjikan sehingga mutu dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Dengan kata lain, perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan dan mewujudkan visinya melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan/memuaskan stakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. Sehingga, perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu.

KONTAK

Kantor Jaminan Mutu UTS

Kantor Pusat UTS lantai 2 sayap selatan,

Sumbawa Telepon: (0371 2629009)

e-mail: lpmu-uts@gmail.com

Share This: