UPT LPPM


1. DASAR HUKUM PENDIRIAN DAN STRUKTUR ORGANISASI

SK Rektor UTS No. 018/UTS/SK/VI/2014 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

2. STRUKTUR ORGANISASI LPPM UTS

Struktur Organisasi LPPM

3. VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang unggul dan berkualitas dalam upaya untuk mengembangkan IPTEK melalui inovasi-inovasi demi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan

 

MISI

  1. Meningkatkan budaya penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan civitas akademika UTS yang berlandaskan pada etika dan moral;
  2. Mengembangkan program-program penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berkelanjutan melalui inovasi-inovasi sehingga dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Hilirisasi hasil-hasil penelitian melalui program-program pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan kompetensi UTS
  4. Mendorong, memfasilitasi, meningkatkan dan mengembangkan hubungan kemitraan dan jaringan kerjasama baik internal maupun eksternal (nasional maupun internasional) secara terbuka dalam rangka peningkatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

4. TUJUAN, PERAN, DAN ARAH

TUJUAN

  1. Memacu pembangunan masyarakat dengan meningkatkan kemampuan dan kemandirian ;
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pembelajaran;
  3. Menerapkan hasil penelitian UTS sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  4. Memperoleh masukan dari banyak pihak bagi peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat;
  5. Menjadi wahana kepakaran dan keunggulan UTS di masyarakat luas.

 

PERAN

  1. Sebagai lembaga penghubung antara permasalahan di masyarakat dengan solusi yang didasarkan pada hasil kajian analitis sesuai kepakaran UTS;
  2. Sebagai lembaga yang melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan diterapkan di masyarakat;
  3. Sebagai lembaga yang akan mengembangkan dan menerapkan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.

 

ARAH

  1. Menciptakan suasana atau iklim kegiatan penelitian & pengembangan IPTEK di lingkungan UTS menuju kampus berkualitas internasional dengan melakukan berbagai macam inovasi teknologi menuju “technopreneurial campus”;
  2. Menciptakan suasana atau iklim untuk mewujudkan pengembangan potensi masyarakat dengan mendorong, memotivasi, dan menyadarkan potensi yang dimiliki untuk berkembang;
  3. Memberdayakan masyarakat dalam bentuk tindakan nyata berupa penyediaan dan penyebaran informasi serta peluang pengembangan dan pemanfaatan IPTEK;
  4. Memelihara keberlanjutan suasana/iklim interaksi timbal balik yang beretika antar elemen masyarakat.

5. PIMPINAN/MANAJEMEN LPPM UTS

Kepala : Sari Noviana, M.Si
Wakil Kepala Bid. Penelitian : Muhammad Emsal, M.T
Wakil Kepala Bid. Pengabdian Masyarakat : Didi Suwardi, M.Sc
Sekretaris : Sholehati Lathifa Sakina, ST

6. PRESTASI / PENGALAMAN LEMBAGA DAN PENELITI UTS

  1. Pendanaan Proposal Penelitian dengan judul “Pemanfaatan Pasir Besi sebagai pembuat tinta fotocopy dan pewarna cat” oleh Rispro LPDP Kementerian Keuangan (2014)
  2. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa dengan judul “Aplikasi Teknologi Kultur Jaringan Sederhana pada Bisnis Sosial Pembibitan Rumput Laut Nori di Desa Labuhan Pade, Kecamatan Utan, Kab. Sumbawa Besar, NTB” oleh MITI (2014)
  3. Penghargaan peneliti wanita terbaik dari L’oreal Indonesia Foundation (2015)
  4. Pendanaan Proposal Startup Bisnis Mahasiswa dengan judul “One Stop Souvenir Center Berbasis Sociopreneurship: Pemberdayaan Home Industri Makanan Ringan Khas Sumbawa” oleh DIKTI melalui Kopertis Wilayah VIII (2015)
  5. Pendanaan Proposal Startup Bisnis Mahasiswa dengan judul “Alat Penjernih Air Siap Minum Portable” oleh DIKTI melalui Kopertis Wilayah VIII (2015)
  6. Pendanaan Proposal Penelitian Dosen dengan judul “E-Materi Interaktif BErbasis Desktop untuk Mata Kuliah Aljabar Linear Matriks (Studi KAsus pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa)” oleh DIKTI Kemenristek-DIKTI (2016)
  7. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Kewirausahaan dengan judul “Keripik Biji Asam Aneka Rasa sebagai Sumber Protein Alternatif yang Murah” oleh DIKTI (2016)
  8. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Kewirausahaan dengan judul “Penerapan Konsep Sociopreneurship dalam Usaha Budidaya Lele Probiotik dengan Teknologi Bioflok di Desa Marente, Kec. Alas, Kab. Sumbawa Besar” oleh DIKTI (2016)
  9. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Karsa Cipta dengan judul “APPLE PARIS (Aplikasi Mobile Pariwisata Sumbawa) Berbasis Android” oleh DIKTI (2016)
  10. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Karsa Cipta dengan judul “Teknologi Nirkabel sebagai Alat Monitoring Hewan Ternak” oleh DIKTI (2016)
  11. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Penelitian dengan judul “Sintesis Nano Kalsium Silikat (CaSiO3) dengan Metode Mechanocemical Miling” oleh DIKTI (2016)
  12. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Penelitian dengan judul “Ekstraksi PbO dari Bijih Galena Sumbawa sebagai Alternatif Penunjang Industri Baterai” oleh DIKTI (2016)
  13. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Penelitian dengan judul “Pengaruh Kombinasi antara Antimikroba Daun Kirinyuh dan Antiseptik Daun Sirih untuk Pengobatan Penyakit Vibriosis pada Udang yang disebabkan Vibrio sp. dengan Variasi pembandingan secara in Vivo” oleh DIKTI (2016)
  14. Pendanaan Proposal Penelitian Mahasiswa skema PKM-Penelitian Sosial Humaniora dengan judul “Identifikasi Persepsi Petani, Kelembagaan Pertanian dan Pemerintah dalam rangka Pengembangan Kawasan Industri Mikro Kecil Menengah Lingkar Kampus Universitas Teknologi Sumbawa” oleh DIKTI (2016)

7. KONTAK

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Teknologi Sumbawa

Jalan Raya Olat Maras, Batu Alang, Sumbawa Besar – NTB

No. Tlp: (62) 371 262 9009, Fax: (62) 371 262 9009

Email : lppm@uts-sumbawa.ac.id, Website : www.uts-sumbawa.ac.id

Share This: