UPT Pusat Bahasa


A. PENGANTAR

Unit Pelaksana Teknis Pusat Bahasa Universitas Teknologi Sumbawa adalah unit kerja yang dibentuk pada tanggal 9 Mei 2015 berdasarkan surat keputusan rektor. Kehadiran UPT. Pusat Bahasa UTS merupakan realisasi dari sebuah gagasan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Asing, terutama Bahasa Inggris kepada seluruh sivitas akademika UTS dan masyarakat umum.

B. KEDUDUKAN, TUGAS POKOK, DAN FUNGSI

Kedudukan UPT. Pusat Bahasa adalah sebagai unit pendukung pencapaian visi dan misi Universitas Teknologi Sumbawa di bidang layanan bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tugas pokok dan fungsi UPT. Pusat Bahasa yaitu sebagai pusat pelayanan bahasa yang dikelola secara professional untuk melayani kebutuhan sivitas akademika UTS dan masyarakat umum. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tersebut, UPT. Pusat Bahasa menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk berbagai layanan seperti pelatihan Bahasa, tes atau uji kemampuan berbahasa dan penerjemahan.
Selain melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pusat pelayanan bahasa, UPT. Pusat Bahasa juga dikembangkan sebagai unit kerja dalam rangka mengembangkan kemampuan swadana. Oleh karena itu, pengelolaan UPT. Pusat Bahasa dalam hal ini dilakukan berdasarkan pendekatan kewirausahaan.

C. VISI DAN MISI

VISI

Sebagai Pusat pelayanan Bahasa yang unggul bagi segenap civitas akademika UTS dan masyarakat umum, serta sebagai unit kerja pendukung pencapain visi dan misi Universitas Teknologi Sumbawa.

MISI

  1. Melaksanakan pembinaan dan pelatihan keteramplian berbahasa (Bahasa Inggris) bagi sivitas akademika UTS dan masyarakat umum, baik sebagai individu maupun sebagai lembaga/badan usaha pemerintah ataupun swasta dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbahasa untuk mendukung kinerja mereka.
  2. Memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan layanan bahasa seperti jasa penerjemahan, baik Bahasa asing ke Bahasa Indonseia maupun sebaliknya.
  3. Menjadikan UPT. Pusat Bahasa UTS sebagai Test Center untuk TOEFL ITP (Paper-Based) satu-satunya di Pulau Sumbawa
  4. Menerapkan sistem swadana unit kerja melalui penerapan budaya kewirausahaan dalam penyelenggaraan manajemennya.

D. PROGRAM PELATIHAN / LAYANAN BAHASA UPT. PUSAT BAHASA UTS

  1. TOEFL Preparation Course, program ini di siapkan bagi Mahasiswa semester akhir yang akan melaksanakan Tes TOEFL. Adanya program ini sebagai salah satu upaya untuk membantu Mahasiswa dalam mencapai target skor yang sudah ditentukan oleh kampus sebagai persyaratan kelulusan.
  2. English for Office Staffs, program ini di bertujuan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris para peserta, yang terdiri dari staf atau pegawai baik swasta maupun pemerintah dalam rangka mendukung pekerjaannya di bidang masing-masing. Isi program di desain khusus sesuai kebutuhan atau cakupan bidang pekerjaan masing-masing peserta.
  3. Conversation Class, program ini di desain bagi mereka yang berminat mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lisan (percakapan) dalam Bahasa Inggris pada tingkat dasar (Elementary), menengah (Intermediate) dan lanjut (Advanced) untuk kehidupan sehari-hari.
  4. Translation, jasa penerjemahan di UPT. Pusat Bahasa UTS membantu para pelanggan dalam penerjemahan dokumen, buku dll, baik dair Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Share This: