UPT TI & K


SEJARAH

Teknologi Informasi (TI) merupakan bagian dari sejarah perkembangan Universitas Teknologi Sumbawa sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis teknologi yang berada di Nusa Tenggara Barat. Berbagai bentuk kegiatan dan usaha telah dilakukan oleh UTS baik untuk pengembangan Sistem Informasi dan pembangunan infrastruktur jaringan komputer. Seluruh kegiatan tersebut secara langsung atau tidak langsung sangat terkait erat dengan perkembangan Teknologi Informasi di kampus UTS hingga saat ini. Perkembangan teknologi Internet di dunia semakin memacu UTS dalam peran serta aktif mengembangkan Teknologi Informasi tersebut.

Semenjak awal berdirinya UTS pada tanggal 14 maret 2013, terbentuklah unit pelaksana untuk menunjang teknologi informasi kampus UTS. Untuk infrastruktur jaringan sendiri, telah berhasil dibangun jaringan nirkabel dan Local Area Network (LAN) ke setiap unit yang berkaitan dengan proses administrasi di dalam rektorat maupun gedung kuliah. Jaringan internet yang digunakan adalah ASTINET dengan fiber optic dengan kecepatan akses sebesar 2.0 Mbps.

Unit ini akhirnya dipimpin oleh Nurhidayat Setiabudi, S.Kom dengan dibantu rekan-rekan yang sebagian besar merupakan dosen di Teknik Informatika. Pembenahan sistem informasi dan jaringan komputer dan internet tetap menjadi fokus utama. Jaringan internet yang terpasang pada saat UPT ini mulai bekerja adalah ASTINET dengan fiber optic 1.0 Mpbs ditambah dengan speedy 100 Mbps. Perluasan jaringan untuk LAN dan WLAN untuk titik-titik baru termasuk pengadaan server yang menjadi pusat bagi data-data di lingkup rektorat.

UPT ini sekarang sedang mengembangkan Sistem Informasi Kampus yang meliputi : Sistem Informasi Akademik, Keuangan, Kepegawaian dan Mahasiswa yang berbasis Web.

VISI

Menjadikan Universitas Teknologi Sumbawa sebagai universitas yang terdepan di pulau Sumbawa dalam hal pengembangan, penerapan, pelayanan dan penguasaan teknologi informasi.

MISI

  1. Menjadikan teknologi informasi sebagai sarana penunjang yang utama yang memberikan bagi kemajuan Universitas Teknologi Sumbawa.
  2. Menyediakan layanan berbasis teknologi infomasi untuk mendukung proses kegiatan administrasi dan akademik.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dengan dukungan teknologi informasi.

TUJUAN

  1. Mengubungkan seluruh area kampus UTS dengan jaringan kabel, nirkabel dan terhubung dengan jaringan intranet dan internet.
  2. Pembuatan server untuk menjadi pusat data yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademika UTS.
  3. Memberikan dukungan dalam pengembangan teknologi dan sistem informasi yang terkait proses administrasi, proses perkuliahan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

STRUKTUR ORGANISASI

Kepala UPT TI & K / Bagian Security Data dan Jaringan : Nurhidayat Setiabudi, S.Kom
Kepala Bagian Inovasi dan Kerjasama : Dony Triwardana, S.T
Kepala Bagian Web & Server : I Made Widiarta, S.Kom
Kepala Bagian Multimedia : Saiful Khair, M.Si
Programmer

 

:

 

–          Suparno, A.Md
–          Hendra Nurdiansyah, A.Md
Admin : Ahmad Juliansyah

Share This: