Unit Pelaksana Teknis
Beasiswa

Visi

“Menjadi pengelola beasiswa yang proaktif, professional dan bertanggungjawab untuk mendukung UTS sebagai rumah pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan untuk tumbuh utuh sebagai manusia yang bermanfaat bagi semesta alam”

Misi

  1. Membangun sistem dan tata kelola beasiswa di UTS yang handal, profesional, akuntabel dan bertanggungjawab.
  2. Membangun kerjasama dan hubungan yang baik dengan para donor dan calon donor pemberi beasiswa.
  3. Membangun dan mengembangkan manajemen alokasi dan distribusi beasiswa kepada mahasiswa UTS secara adil, proporsional, tertib, dan transparan.
  4. Memfasilitasi upaya pengembangan staf dengan mengakses lembaga-lembaga donor beasiswa yang dapat mendukung staf UTS dalam melanjutkan studinya.

Struktur Organisasi

 

Program Beasiswa

Beasiswa ini diberikan oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kepada mahasiswa UTS yang tidak mampu tapi memiliki daya juang yang tinggi serta berprestasi. Seluruh mahasiswa UTS berhak untuk mengajukan beasiswa ini. Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester pada tahun ajaran tertentu dan dapat diperpanjang pada tahun ajaran berikutnya. Adapun syarat dan ketentuan untuk mengajukan beasiswa ini adalah :

  1. Mahasiswa aktif UTS yang berasal dari Pulau Sumbawa. Hanya untuk angkatan 2014 dan 2015.
  2. Memiliki semangat juang yang tinggi serta aktif dalam organisasi maupun kegiatan-kegiatan yang diadakan UTS.
  3. Penghasilan maksimum orangtua/wali (gabungan ayah + ibu) adalah Rp. 2.000.000,- atau pendapatan total orangtua/wali dibagi total tanggungan keluarga maksimum adalah Rp. 500.000,-
  4. IPK minimum adalah 3,00
  5. Tidak pernah terlibat dalam tindak pidana yang berkekuatan hukum tetap serta tidak pernah mendapat sanksi dari internal UTS karena melakukan kecurangan / pelanggaran akademik.
  6. Bersedia untuk menjadi mahasiswa teladan yang bisa memberikan contoh baik kepada mahasiswa lainnya dalam hal prestasi, keaktifan, etika, dan kepedulian pada lingkungan.

Klik : Info Lebih Lanjut

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP PPA) merupakan program beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi tapi memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi. Setiap tahun, UTS mendapat kuota puluhan hingga ratusan penerima beasiswa ini dari Kemenristekdikti. Setiap mahasiswa UTS yang memenuhi syarat berhak untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa PPA – BBP PPA diberikan dalam bentuk bantuan tunai senilai Rp 250.000,- s/d Rp 350.000,- per bulan selama satu tahun akademik. Beasiswa ini disalurkan setiap enam bulan sekali melalui rekening masing-masing penerima beasiswa.

Adapun syarat dan ketentuan untuk menerima beasiswa ini adalah :

Syarat Umum :

  1. Mahasiswa aktif UTS angkatan 2014 dan 2015 yang dibuktikan dengan fotocopy KRS dan KTM.
  2. Tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  3. Diprioritaskan bagi yang aktif berorganisasi dan atau memiliki prestasi, baik ko-kurikuler maupun ekstrakulikuler.
  4. Mendapat rekomendasi dari Dekan atau Kaprodi.

Syarat Khusus :

  1. IPK minimal 3.00 bagi pendaftar beasiswa PPA. Sementara IPK minimal untuk pendaftar beasiswa BBP PPA adalah 2.75.
  2. Khusus pendaftar beasiswa BBP PPA, pendaftar harus berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Klik : Info Lebih Lanjut

Bidik Misi merupakan singkatan dari Beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa Miskin Berprestasi diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenristekdikti kepada mahasiswa-mahasiswa diseluruh Indonesia yang miskin namun berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama empat tahun (delapan semester) serta pemberian living allowance (biaya hidup) sebesar Rp 1.000.000,- per bulan selama yang bersangkutan menjalankan studinya di UTS. Seleksi beasiswa ini dilakukan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa paling bergengsi di UTS yang diberikan oleh PT. Pertamina secara rutin kepada mahasiswa-mahasiswa UTS yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan tunai bulanan atau pembebasan biaya kuliah di UTS. Penerima beasiswa ini mendapat kesempatan untuk melakukan aktifitas pengembangan diri melalui organisasi-organisasi paguyuban yang dibuat oleh Pertamina yang pesertanya berasal dari seluruh Indonesia.

PT. Taspen (Persero) merupakan perusahaan negara yang bertujuan untuk meningkatkan jaminan sosial pegawai negeri di hari tua. Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), PT. Taspen memberikan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat universitas. Beasiswa PT.Taspen diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan ke mahasiswa yang memenuhi syarat dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester.

PT. NNT merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia yang beroperasi di Wilayah Pulau Sumbawa. Sebagai komitmen kontribusi untuk Indonesia, khususnya untuk wilayah Pulau Sumbawa, PT. NNT secara rutin memberikan beasiswa pendidikan kepada UTS untuk membantu mahasiswa-mahasiswa UTS dalam menyelesaikan studinya dengan baik. Beasiswa ini disalurkan PT. NNT melalui UTS dan diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama satu tahun akademik.

BJB adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbesar di Indonesia yang turut serta berkontribusi membangun Indonesia dari timur dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa UTS yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Seleksi penerima beasiswa ini dilakukan pada saat proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Beasiswa ini ditujukan hanya untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

Adaro adalah kelompok perusahaan energi di Indonesia yang berfokus pada bisnis pertambangan batubara yang terintegrasi melalui anak-anak perusahaan. PT. Adaro Energy berkomitmen untuk mendukung kemajuan bangsa dengan memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa UTS yang berprestasi dan punya semangat juang tinggi. Beasiswa dari PT. Adaro diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan kepada mahasiswa yang lolos seleksi dalam bentuk pembebasan biaya kuliah selama dua semester.

Rabasa adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang sosial kemasayarakatan dan berbasis di Kabupaten Sumbawa. Rabasa secara rutin memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UTS asal sumbawa untuk mendukung upaya pembangunan manusia di Kabupaten Sumbawa. Beasiswa ini didistribusikan melalui UTS untuk keperluan biaya pendidikan selama dua semester. Sasaran utama beasiswa ini adalah mahasiswa yang miskin namun berprestasi.

“Go east young man” merupakan seruan kepada pemuda-pemuda terbaik bangsa untuk membangun Indonesia dari timur, khususnya dari Sumbawa. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk pembebasan biaya kuliah dan pemberian biaya hidup bulanan kepada mahasiswa – mahasiswa terpilih tersebut. Sasaran dari beasiswa ini adalah calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Kehadiran mahasiswa dari seluruh Indonesia selain Sumbawa ini penting untuk mendorong proses akulturasi budaya, kemampuan berfikir terbuka, dan membangun kesepahaman dalam toleransi berbudaya. Seleksi beasiswa ini dilakukan pada saat proses seleksi penerimaan mahasiswa baru UTS.

Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan salah satu perusahaan energi milik negara yang berfokus pada ekstraksi energi gas. PT. PGN (Persero) memberikan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang memenuhi kualifikasi selama dua semester. Beasiswa ini diberikan melalui manajeman UTS dan disalurkan oleh UTS kepada mahasiswa yang memenuhi syarat dan lolos seleksi.

Bank NTB adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) milik Pemerintah Provinsi NTB. Bank NTB secara rutin memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa UTS yang berprestasi dan tidak mampu. Beasiswa diberikan melalui manajemen UTS dan disalurkan kepada mahasiswa yang berhak dengan cara pembebasan biaya kuliah selama dua semester kepada mahasiswa yang terpilih.

Bahwa dalam rangka memepertahankan proses belajar mengajar mahasiswa, terutama ditujukan kepada mahasiswa berprestasi, Universitas Teknologi Sumbawa memberikan Beasiswa bebas uang pangkal dan kuliah selama empat tahun kepada siswa-siswi berprestasi di Kabupaten Sumbawa yang berhasil meraih nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) tertinggi.

Beasiswa yang diberikan terbatas untuk tiga orang siswa-siswi berprestasi di Kabupaten Sumbawa dengan nilai UAN tertinggi ini tertuang dalam Keputusan Rektor  Universitas Teknologi UTS Nomor : 78 / UTS / SK / V / 2016 tentang Penerimaan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Bantuan Belajar Mahasiswa Unuversitas Teknologi Sumbawa Tahun 2016.

Bahwa dengan pertimbangan-pertimbangan dimana mahasiswa yang berprestasi dan memenuhi syarat untuk diberikan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Bantuan Belajar Mahasiswa Tahun 2016 ini tidak hanya diberikan kepada siswa-siswi dengan nilai UAN terbaik di Kabupaten Sumbawa. Keputusan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Andy Tirta, M.Sc tertanggal 16 Mei 2016 tersebut juga memberikan Beasiswa kepada anak dari karyawan yang berada dalam naungan Yayasan Dea Mas berupa beasiswa bebas uang pangkal dan potongan biaya kuliah sebesar 75% dan kepada staf karyawan UTS berupa beasiswa bebas uang pangkal dan potongan biaya kuliah sebesar 85%.