Unit Pelaksana Teknis
Perpustakaan

          Perpustakaan Universitas Teknologi Sumbawa Adalah Salah Satu Unit Pendukung Utama Kegiatan Akademik (Pembelajaran, Pengajaran Dan Penelitian). Perpustakaan Uts Memiliki Sekitar 100.50 Koleksi Yang Disimpan Di Perpustakaan Uts. Sebagai Unit Pendukung Pengajaran Dan Penelitian, Perpustakaan Uts Terus Berusaha Mengembangkan Diri Dengan Menambah Koleksi-Koleksi Terbaru, Melanggan Berbagai Online Databases, Mengembangkan Sistem, Serta Memberikan Layanan Prima Kepada Pengguna. Saat Ini Perpustakaan Uts Berharap Menjadikan Salah Satu Perpustakaan Rujukan Bagi Perguruan Tinggi Yang Ada Di Sumbawa Atau Bahkan Di Wilayah Ntb Dan Menjadi Trend Setter Dalam Pengembangan Perpustakaan Di Ntb.

          Perpustakaan Universitas Teknologi Sumbawa (Uts) Berdiri Sejak Tanggal 21 Mei 2013, Bersamaan Dengan Berdirinya Universitas Teknologi Sumbawa (Uts), Sebagai Cabang Dari Universitas Teknologi Sumbawa. Perpustakaan Uts Juga Mengalami Perkembangan Yang Cukup Berarti. Terbukti Dengan Semakin Banyaknya Perubahan Yang Terjadi Dalam Rangka Memajukan Diri. Beberapa Perubahan Tersebut Meliputi Gedung, Fasilitas, Dana, Pengelolaan Dan Jumlah Koleksi Yang Terus Bertambah Dalam Jumlah Judul Dan Eksemplarnya, Serta Ragam Ataupun Jenis Koleksinya.

          Perpustakaan Uts Hanya Satu-Satunya Perpustakaan Di Lingkungan Uts, Saat Ini Dengan Beberapa Perpustakaan Fakultas Dan Perpustakaan Unit Penunjang Yang Lain Semakin Banyak Memiliki Peluang Untuk Mengembangkan Diri Secara Lebih Baik Dan Optimal, Dalam Rangka Mewujudkan Perpustakaan Online Yang Mampu Mengikuti Perkembangan Informasi Di Dunia Informasi, Khususnya Dalam Dunia Pendidikan.

          Untuk Saat Ini Penggunaan Gedung Perpustakaan Uts Masih Berada Dalam Satu Gedung Rektorat. Perhatian Yang Cukup Serius Dari Pimpinan Uts Dan Semangat Kerja Yang Tinggi Dari Tenaga Pengelola, Mampu Mengantarkan Perpustakaan Uts Untuk Berubah Menjadi Perpustakaan Yang Modern, Yaitu Perpustakaan Yang Didukung Oleh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Usaha Mendukung Kegiatan Proses Belajar Mengajar (Fungsi Edukatif) Di Uts Secara Lebih Efektif Dan Efisien, Dengan Hasil Akhir Yang Optimal.

Visi

“Menjadi Pusat Pengelola Dan Penyebaran Informasi Yang Berbasis Teknologi Informasi Guna Mendukung Pelaksanaan Pengajaran, Penelitian, Dan Pengabdian Masyarakat Serta Pengembangan Ilmu Dan Nilai-Nilai Keagamaan.”

Misi

  1. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Dan Meyebarkan Informasi Guna Mendukung Kebutuhan Informasi Bagi Civitas Akademika Di Uts.
  2. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Dan Menyebarkan Informasi Atas Kekayaan Ilmiah Yang Dimiliki Oleh Uts.
  3. Menunjang Sistem Jaringan Informasi Baik Diantara Perpustakaan Perguruan Tinggi Atau Perpustakaan Lain Di Tingkat Nasional, Dan Internasional.
  4. Mengelola Dan Menyebarkan Informasi Tentang Perkembangan Ilmu Pendidikan Di Sumbawa Dan Sekitarnya.

Layanan

  1. Layanan Baca Di Tempat
    Pemustaka Dapat Membaca Buku/ Koleksi Bahan Pustaka Di Ruangan Baca Yang Telah Disediakan Perpustakaan.
     
  2. Layanan Sirkulasi
    Layanan Sirkulasi Ini Terdiri Dari 5 Bagian Diantaranya Layanan Peminjaman, Layanan Pengembalian, Layanan Perpanjangan, Layanan Denda. Dan Layanan Membuat Surat Bebas Pinjaman.
     
  3. Layanan Referensi
    Pelayanan Referensi Merupakan Pemberian Bantuan Kepada Pemustaka Untuk Menemukan Informasi Dengan Cara Menjawab Pertanyaan Menggunakan Koleksi Referensi, Serta Memberikan Bimbingan Untuk Menemukan Dan Memakai Koleksi Referensi.
     
  4. Layanan Penelusuran
    Bertujuan Untuk Membantu Sivitas Akademika Uts Dalam Hal Penelusuran Informasi, Khususnya Bagi Dosen, Peneliti, Tenaga Pendidikan Atau Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Perkuliahan, Tugas Akhir Atau Sedang Melakukan Penelitian.

  1. Menyediakan dan mengupayakan ketersediaan akses informasi yang mendukung proses belajar-mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.
  2. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil sivitas akademika dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.
  3. Mengupayakan terwujudnya jaringan informasi di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi muhammadiyah atau perpustakaan lain di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan islam, dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.
  5. Meningkatkan mutu koleksi, layanan, prasarana dengan memanfaatkan teknologi terkini
  6. Mewujudkan lingkungan akademik yang sehat dan memikat
  7. Menyediakan layanan dan akses ke sumber informasi bagi warga UTS khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.
  1. Sumber informasi. Perpustakaan berfungsi sebagai tempat menyimpan karya manusia, khususnya karya cetak seperti buku, majalah, dan sejenisnya serta karya rekaman seperti kaset, piringan hitam, dan sejenisnya. Dalam kaitannya dangan fungsi simpan, perpustakaan bertugas menyimpan khazanah budaya hasil masyarakat.
  2. Sarana pendidikan dan pembelajaran. Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal, artinya perpustakaan merupakan tempat belajar di luar bangku sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah.
  3. Penelitian. Perpustakaan sebagai penunjang kegiatan penelitian dalam rangka fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi, perpustakaan menjadi sumber informasi yang menjadi acuan dalam mencari literatur.
  4. Pengabdian masyarakat. Perpustakaan menjadi sarana pendukung dalam pelaksanaan salah satu fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi.
  5. Rekreasi. Perpustakaan sebagai tempat untuk menikmati rekreasi kultural dengan cara membaca dan bacaan ini disediakan perpustakaan. Fungsi rekreasi ini tampak nyata pada perpustakaan umum.