Unit Pelaksana Teknis
School of Public Speaking

Keterampilan berbicara di depan umum atau yang juga dikenal dengan nama public speaking skill merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki di era global sekarang ini. Pasalnya perkembangan zaman dan teknologi yang ada sekarang ini, memaksa kita untuk bisa bersaing meningkatkan kualitas diri. Keterampilan teknis seseorang dalam bidang tertentu boleh jadi sangat menentukan karier seseorang. Tapi hal itu juga harus didukung kemampuan berbicara dan berkomunikasi karena dengan keterampilan (skill) itu materi akan terasa lebih hidup dan tepat sasaran.

Banyak orang yang pandai, memiliki kemampuan analisis yang baik dan dalam, namun kurang terlihat tampil dengan baik jika tidak disertai dengan kemampuan menyampaikan pendapat atau pemikiran yang memadai. Mengingat kemampuan public speaking sangatlah diperlukan, khususnya untuk seorang yang lekat dengan bidang komunikasi, maka untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan ketermapilan dalam public speaking, diselenggarakannya pelatihan tatap muka ini, dengan digawangi oleh trainer-trainer handal dari UTS School of Public Speaking.

Era globalisasi menuntut sumber daya manusia yang handal. Dinamika kehidupan bergerak dengan cepat dan menghadirkan perubahan dengan cepat pula di setiap sendi kehidupan. Manusia adalah yang terpenting karena manusia merupakan hal yang mendominasi atau bahkan penyebab dari perubahan zaman ini. Manusia yang berkualitas yang tentu saja akan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik, minimal untuk dirinya sendiri.

Kualitas manusia dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti tingkah laku, cara berfikir, dan tentu saja dilihat dari apa yang dia ucapkan. Kemampuan verbal seseorang menjadi sangat penting karena dengan berbicara orang lain akan mengetahui kemampuan seseorang dan dapat menilainya atau dikenal dengan istilah Public Speaking. Terutama untuk seseorang yang memiliki pekerjaan berhubungan langsung dengan customer seperti marketing dan untuk mahasiswa karena dengan mempelajari teknik public speaking dia akan mampu mengemukakan ide-ide brilian yang dapat mengubah keadaan karena pada hakekatnya mahasiswa adalah agent of change.

Sejalan dengan itu, Rektor Universistas Teknologi Sumbawa mendirikian beberapa lembaga baru, salah satunya adalah U Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan Surat Keputusan Rektor No. 792/UTS/SK/V/2020 tanggal 20 Mei 2020 bertetapan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020.

Visi

Mewujudkan terciptanya SDM yang mampu dan terampil berkomunikasi  serta memiliki rasa percaya diri dan daya kritis yang tinggi

Misi

  1. Mengadakan pelatihan-pelatihan Public Speaking baik Lokal, Regional maupun Nasional.
  2. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih terampil dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan membangun mentalitas yang baik.
  3. Membentuk SDM  yang berjiwa speakersecara profesional, percaya diri,  serta mampu mengimplementasikan kegiatan-kegiatan Public Speaking dalam perkuliahan dan masyarakat.
  4. Mensosialisasikan pengetahuan tentang Public Speakingke sekolah, instansi dan masyarakat.
  1.  

Struktur UPT UTS SPS

Profil Lengkap

Download (PDF, 1000KB)


Unit Pelaksana Teknis

UPT Perpustakaan

UPT Beasiswa

UPT Career Development Center

UPT Ruang Publik Kreatif

UPT School of Public Speaking

UPT Psikologi Terapan

UPT Pusat Bahasa

UPT Asrama