Berbagi Informasi, UTS Luncurkan Aplikasi Android “UTS Today”



WhatsApp Image 2018-09-19 at 07.48.20

BATU ALANG, (20/09/2018)

Memudahkan penyampaian informasi kepada khalayak ramai, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) resmi meluncurkan aplikasi “UTS Today” berbasis Android. Aplikasi yang akan menyajikan berita dan kegiatan-kegiatan seputar UTS tersebut bertujuan memudahkan penyampaian informasi sehingga berita menjadi lebih akurat dan up-to-date.

KUPT Humas UTS, Milla Hidayatullah mengungkapkan, kesediaan aplikasi yang merupakan kerja sama UTS, Jelaja Samawa dan Bale IT itu untuk memudahkan penyampaian informasi tidak hanya di kalangan Civitas Akademika UTS tetapi juga dengan masyarakat luas. Alasan lain, menurutnya, dengan keberagaman mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mengharuskan adanya ketersediaan aplikasi yang lebih mudah bagi orang tua mahasiswa mendapatkan kabar terkini mengenai kegiatan anak-anaknya.

“Kesediaan aplikasi tersebut untuk memberi informasi karena keberagaman yang ada di UTS mulai dari mahasiswa dan dosen. Otomatis keluarganya ingin tahu bagaimana, orang tua dari mahasiswa dapat memantau keadaan anak mereka,” jelasnya, Kamis (20/9).

Hal lain yang mendasari dipeloporinya aplikasi itu, lanjut Milla (sapaannya), juga menjadi media terbuka untuk mahasiswa dan dosen UTS untuk lebih intens dalam menulis, publikasi, dan hasil riset untuk dilemparkan di publik. Dengan adanya aplikasi akan memudahkan pertukaran informasi ke luar lingkup UTS dan ke depannya masyarakat lebih mudah mendapatkan update-an UTS tanpa perlu berkunjung langsung ke laman website UTS itu sendiri.“Agar orang luar juga tahu tentang UTS, karena kalau website-kan harus buka dulu, kalau aplikasi akan lebih gampang,” tutur ibu dua anak itu.

Saat ditanyai mengenai konten yang akan ditampilkan, Ia mengatakan aplikasi yang sudah mendapat rating 4,8 dan 100 download di Google Play Store sejak dikenalkan Rabu, (19/9) dalam lingkup civitas akademika itu juga tidak tertutup kemungkinan menampilkan info-info lain dari luar UTS seperti tindak lanjut dari kolaborasi antara mahasiswa KKN dengan desa yang pernah menerapkan program KKN sebelumnya, info mengenai Sumbawa, atau info-info penting yang harus diketahui masyarakat lainnya. “Tidak menutup kemungkinan juga, bisa tentang Sumbawa. Intinya masyarakat luas dapat mendapatkan informasi lebih cepat, akurat, dan dari sumber terpercaya,” tutupnya.

Direktur Bale IT, I Made Widiarta selaku pembuat aplikasi menerangkan,UTS Today merupakan aplikasi yang terintegrasi langsung dengan website UTS, hal ini akan memudahkan pengelola saat melakukan pembaruan konten. Karena itu, konten-konten yang ada di dalam aplikasi merupakan informasi resmi dari UTS. Terlebih, tambahnya, dengan adanya pop-up notifikasi akan memudahkan pengguna melihat informasi terbaru dari UTS.

“UTS Today lebih dari sekedar aplikasi Android biasa. Dengan “Push Notification” seolah-olah memanggil pengguna untuk melihat apa yang info terbaru di UTS,” ungkapnya.

Share This:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =