Inovasi

Inovasi

UTS merupakan rumah bagi orang-orang yang senang mengeksplorasi berbagai bidang dengan menciptakan inovasi untuk memecahkan permasalahan lokal, nasional dan global dengan berlandaskan kearifan lokal. Kampus kami membuka peluang penelitian dan pengembangan potensi melalui konsep riset grup dan sistem remunerasi penelitian bagi civitas academica. Saat ini UTS terus berkembang menjadi kampus yang unggul dibidang penelitian dengan menduduki peringkat pertama SINTA (Sains and Tecnhology Indexing) untuk PTS di wilayah NTB dan peringkat 6 Nature Index se-Indonesia.

UTS menawarkan berbagai peluang bagi mahasiswa di setiap fakultas yang ingin berkembang dengan memanfaatkan program terbuka seperti kompetisi kewirausahaan, inovasi dan teknologi untuk menyalurkan ide-ide yang telah mereka pelajari. Dengan pembimbingan dan dorongan dari tenaga pendidik, para mahasiswa dan lulusan kami berhasil meluncurkan penemuan baru dan menciptakan teknologi untuk membuka peluang pengembangan potensi lokal yang mengglobal. UTS juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak  untuk mendukung temuan tersebut.

Ekosistem

UTS sebagai kampus berbasis teknologi didirikan untuk mendukung berbagai penemuan ide dan inovasi melalui riset. Kampus kami memberikan lingkungan yang nyaman, menyediakan kelas, bimbingan dan sumberdaya bagi mahasiswa guna terciptanya lingkungan akademis yang memiliki pengaruh besar di bidang inovasi secara global. Didukung pula dengan tenaga dosen yang berpengalaman akan semakin membuka jalan bagi mahasiswa yang siap untuk bertumbuh. Tercatat sejak 2019 lalu ada 42 dosen UTS yang telah menerima dana hibah berkat inovasi yang mereka ciptakan. Kami juga melakukan kerjasama dengan berbagai instansi baik tingkat lokal maupun internasional seperti Pemerintah, Sekolah, Swasta, BUMN, Universitas dan NGO dalam mendukung aktifitas pengembangan inovasi.

Dampak

UTS telah menghadirkan banyak inovasi untuk menjawab permasalahan yang hadir ditengah-tengah masyarakat. Topik unggulan yang menjadi  bidang riset UTS yakni ketahanan energi, ketahanan pangan, lingkungan hidup dan ketahanan sosial. Hal ini memberikan dampak yang cukup besar dalam mengedukasi dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu kontribusi kami melalui inovasi adalah melakukan pengembangan terhadap produk lokal yang bernilai komersil dan dikenal secara global  seperti Motor Listrik Ngebuts, Cold Storage, Sumbawa Golden Milk, Antiseptik Sentalo, Organic Farming, Jamur Tiram, Super Lopok, Masjimi/Maskiri, dan masih banyak lagi. Kami terus mendorong orang-orang yang ada di UTS untuk menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan memiliki kepedulian sosial tinggi melalui ide-ide kreatif.