Tentang UTS

Tentang UTS

Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional, UTS berperan dalam mencetak dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, inovatif, adaptif dan berakhlak mulia bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menjadi rumah pembelajaran yang nyaman bagi para mahasiswa dan staf untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya melalui proses pembelajaran, penelitianinovasi, dan pengabdian masyarakat.

Terletak di kaki bukit Olat Maras yang artinya Bukit Kebahagiaan dalam bahasa lokal Sumbawa, universitas muda ini menampung ratusan anggota fakultas dan peneliti serta ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia dan berbagai negara. Mereka adalah elang muda yang dibekali dengan ketajaman keterampilan dan pengetahuan agar siap terbang untuk menggapai impian. Perpaduan ini menciptakan interaksi multi-budaya di tempat kecil ini, desa damai di luar kota Sumbawa Besar. Mengingat tingginya konsentrasi pembangunan di Pulau Jawa dan Bali, universitas ini merupakan katalisator dalam memperluas kualitas pendidikan di negara ini. Kami percaya bahwa menciptakan kenyamanan lingkungan di universitas kami akan membuat staf dan mahasiswa merasa seperti di rumah sendiri dan pada akhirnya tumbuh hingga mengembangkan potensi mereka sepenuhnya.

Key Facts

Sejarah

Diresmikan (sesuai izin Kemdikbud)

14 Maret 2013

Motto

UTS Membumi & Mendunia

Kampus

Lokasi

Moyo Hulu, Sumbawa, NTB, IDN

Luas

60 Ha dengan izin pengelolaan hutan >500 Ha

Asrama

2 Gedung (Putra dan Putri)

Taman dan Lahan Hijau

> 80%

Penerimaan (Tahun 2020)

Jumlah mahasiswa

3784

Jumlah Lulusan

1413

Penghargaan

Penghargaan

820

Nasional

638

Internasional

181

a

Rektorat UTS (2013)

b

Rektorat UTS (2020)

Misi UTS

UTS berkomitmen untuk menyelenggarakan tata kelola universitas yang baik dan terukur dengan menyiapkan akses pendidikan yang luas dan merata, agar mampu melahirkan lulusan yang unggul, berkarakter dan berakhlak mulia. Selain itu, UTS juga berdedikasi membuat mahasiswa belajar dengan tidak hanya bidang akademik, tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mulai dari masyarakat lokal, nasional hingga internasional. Kami berusaha membuat universitas menjadi tempat pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan untuk membentuk manusia secara utuh dan bermanfaat bagi semesta alam.

Sebagai landasan dan pedoman, kampus ini mengacu pada rencana strategi. 

Kepemimpinan

Ir. Chairul Hudaya, ST., M.Eng., Ph.D., IPM
UTS 4th Rector, Feb 2020 – present

Kehadiran sebuah universitas tentulah harus menjadi sumber mata air kebaikan, kebijaksanaan dan keilmuan untuk menjawab dahaga di tengah masyarakat.

Key Links

Rector UTS Chairul Hudaya