Akademik

Akademik

UTS menawarkan program pendidikan sarjana dan pascasarjana dengan 17 Program Studi dari 6 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana yang meliputi beragam disiplin ilmu, mulai dari saintek hingga sosial humaniora. Para dosen kami senantiasa mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan menerapkan budaya belajar melalui kegiatan praktikal, sehingga mahasiswa kami terlatih untuk mencapai pemahaman dengan analisis yang kritis, penggambaran yang imajinatif, serta terbiasa untuk mengasah kreativitas dalam memecahkan permasalahan yang ada pada masyarakat. Kami juga menerapkan Program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada metode dan proses pembelajaran.

Kami memberikan keunggulan pada seluruh bidang studi, mulai dari saintek hingga sosial humaniora dan bisnis. Para dosen dan mahasiswa kami bahu-membahu sesuai dengan kemampuan pada masing-masing bidang, bersama mewujudkan gagasan menjadi suatu tindakan dan menghadirkan inovasi dalam bentuk penelitian untuk menjawab tantangan global. UTS sebagai universitas berbasis teknologi yang unggul, terus berupaya mengantarkan mahasiswa kami menjadi insan yang memiliki nilai moralitas, intelektual, berdaya saing, berjiwa entrepreneurship dan berwawasan kebangsaan. Meski usia kampus kami masih terbilang muda, tetapi telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. UTS diharapkan menjadi sentra hak kekayaan intelektual yang mendunia dan mampu menjadi wadah bagi para akademisi dan inovator untuk senantiasa memberikan manfaat kepada masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan di masa yang akan datang. 

Kami membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus UTS melalui laman pendaftaran mahasiswa baru.

Sekolah, Fakultas dan Program Studi

Di UTS, kami memiliki dua program yaitu tingkat sarjana (S1) dan pascasarjana (S2). Fakultas dan Sekolah bertugas dalam menetapkan standar global pada seluruh disiplin ilmu. Terdapat 6 Fakultas pada program sarjana, diantaranya adalah Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknologi Pertanian dan Sekolah Pascasarjana. Sarana dan prasarana menjadi alat penunjang bagi keberhasilan proses belajar dan mengajar, untuk itu kami menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai seperti E-Learning, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Ruang Publik Kreatif, Asrama Mahasiswa, Laboratorium, dan lain-lain. UTS juga memiliki tenaga pendidik yang antusias dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan senantiasa membaginya kepada peserta didik, hingga mahasiswa kami meraih beragam prestasi, baik ditingkat regional, nasional maupun internasional.

Proses Belajar dan Mengajar

UTS berada di kaki bukit Olat Maras, yang berarti Bukit Kebahagiaan yang dikelilingi oleh vegetasi yang hijau dan indah. Hal ini menjadikan UTS sebagai rumah pembelajaran yang nyaman untuk memaksimal potensi seluruh civitas academica yang sedang menimba ilmu. Para mahasiswa kami tidak hanya berasal dari seluruh wilayah Indonesia, tetapi juga dari 20 negara lainnya. Dengan begitu, mahasiswa kami dapat berbagi dan mempelajari beragam budaya dari masing-masing daerah dan negara. Di UTS, kami bahu-membahu dengan kreativitas dan imajinasi kami untuk menemukan solusi serta inovasi yang bermanfaat bagi semesta alam.

Dalam proses pembelajaran, kami menerapkan semangat Kampus Merdeka melalui berbagai program seperti program magang di industri (Internship), Proyek di Desa, Wirausaha dan lain sebagainya. Di bawah Direktorat Kemahasiswaan, kami melakukan pengembangan minat dan bakat para mahasiswa melalui beragam kegiatan ekstrakulikuler, sedangkan untuk pengembangan karir alumni kami menyediakan Unit Pelaksana Teknis Career Development Center. Tidak hanya pengembangan akademik, minat bakat dan karir, tetapi kami juga mengembangkan moral dan religiositas seluruh civitas academica kami melalui program mentoring yang diadakan setiap minggu.