Riset

Riset

UTS menjadi rumah pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain menerapkan sistem belajar secara teori, kami juga menerapkan praktikum sebagai bentuk pembelajaran. Mahasiswa UTS dapat mengembangkan dan memperluas keterampilan mereka melalui keterlibatan dalam program penelitian dari pemerintah seperti PHP2D, KBMI, PKM, serta kompetesi yang dilaksanakan pihak lain. 

Penelitian berkembang pesat di 6 fakultas, satu kelas pascasarjana dan satu perguruan tinggi, serta pusat laboratorium dan program yang mengumpulkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu untuk menjelajahi batas-batas intelektual baru dan memecahkan masalah sosial. Perkembangan penelitian dalam program PKM di UTS relatif meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2020, capaian bidang riset dan inovasi menghasilkan lebih banyak ragam output. Selain itu, UTS juga mendapatkan penghargaan ideathon terkait penanganan covid-19. Capaian-capaian dalam bidang penelitian ditambah melalui program hibah pendanaan internal UTS, menghasilkan output sebanyak 113 artikel ilmiah baik internasional terindeks, nasional terakreditasi maupun nasional non-akreditasi, 40 hak cipta granted, 12 buku ber-ISBN, dan 12 artikel ilmiah popular di media massa lokal dan nasional. Kemampuan penelitian di kampus kami ditingkatkan melalui pekerjaan Laboratorium UTS, hubungan penelitian aktif dengan industri, dan berbagai macam kolaborasi global. Dalam pekerjaan ini, Sentra Kekayaan Intelektual UTS berfungsi sebagai mitra penting dan sumber penelitian penting dengan memiliki hak cipta. UTS juga menduduki peringkat pertama SINTA (Sains and Technology Indexing) untuk PTS di wilayah NTB dan peringkat 6 Nature Index se-Indonesia

Pusat, Laboratorium dan Program

UTS terus mengembangkan organisasi dan kemitraan yang mendorong pekerjaan interdisipliner. Berikut ini adalah beberapa laboratorium, pusat, dan program UTS tempat penelitian inovatif dilakukan.

Lembaga yang Berkolaborasi

Peneliti UTS bekerja sama dengan banyak organisasi local, nasional, internasional terkemuka  untuk mendorong ekspolarasi.

Ganti Bahasa