Menyisihkan 300 Tim Seluruh Indonesia, Mahasiswa UTS Raih Dana Riset Kelapa Sawit Tingkat Nasional

Tim Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. berhasil menyisihkan 300 proposal pengajuan dana riset dari seluruh Universitas di Indonesia. Tim riset kelapa sawit Universitas Teknologi Sumbawa yang  diketuai Rian Adha Ardinata beserta anggotanya Asmawati dan Muhammad Al-Azhar, berhasil menjadi salah satu Tim pemenang nasional kompetisi pengajuan dan ariset kelapa sawit dan berhak mendapatkan dana penelitian sebesar Rp.  20.000.000.-

Proposal berjudul “ENDONESIA (Endophyte for Indonesia) : Biofertilizer Berbasis Mikroba Endofit guna Meningkatkan Kualitas Pembibitan Budidaya Kelapa Sawit di Indonesia ”menarik perhatian” dewan juri Direktorat Penyaluran Dana kelapa sawit  Nasional. Poject ini bertujuan menciptakan pupuk hayati berbasis mikroba yang dapat meningkatkan kualitas pembibitan kelapa sawit, sehingga dapat berpengauh positif terhadap tingkat petumbuhan kelapa sawit secara drastis, sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap nilai jual kelapa sawit tersebut.

Rian Adha Ardinata dalam Laboratorium

Untuk diketahui, Program Grant Riset Sawit 2016 ini merupakan saah satu progam Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Pusat yang bertujuan untuk memberikan dukungan dana penelitian kepada Lembaga Penelitian dan Pengembangan dengan prinsip-pinsip peningkatan produktivitas/efisiensi, peningkatan aspek berkelanjutan, dan mendorong penciptaan poduk/pasar baru khususnya dalam bidang Kelapa Sawit. Program yang diajukan oleh peserta diharapkan mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka. Kedepannya membentuk masyarakat yang mandiri dan produktif menjadi bagian dari solusi dan berpartisipasi aktif dalam membangun negeri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin