Pelepasan Mahasiswa MBKM UTS 2023

Pada tanggal 20 Maret 2023, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi telah melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa semester genap pada Program Merdeka dan UTS Preneurship. Kedua program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa semester 5 dan 6 untuk terjun langsung ke desa dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Program Merdeka telah berlangsung sampai batch 6 dari seluruh desa di Kabupaten Sumbawa. Pada kali ini, program Merdeka dilaksanakan di 12 desa, yaitu Desa Simu, Labuan Kuris, Lopok Baru, Tatede, Batu Bangka, Olat Rawa, Labuhan Ijuk, Nijang, Pukat, Banda, Kelungkung, dan Lenangguar. Terdapat 118 mahasiswa yang mengikuti program ini. Dengan terjun langsung ke desa, mahasiswa diharapkan dapat membangun kemitraan dengan masyarakat dan memberikan solusi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Sesuai dengan slogannya adalah membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada pun UTS Preneurship, program berwirausaha yang dibimbing langsung oleh kepala UPT OMTC Rudi Masniadi, telah berlangsung sampai batch 2. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing. Dalam kategori bisnis, terdapat dua kategori yaitu StarUP Business dan Scale Up Business. Kategori pertama, StarUP Business, berfokus pada pelaku inovasi bisnis atau pengembangan bisnis yang baru masuk atau masih dalam fase pengembangan ide usaha. Sedangkan kategori kedua, Scale Up Business, menekankan perspektif pelaku bisnis milenial yang mampu mendatangkan keuntungan dan berkelanjutan.

Program UTS Preneurship kali ini diikuti oleh 15 mahasiswa dari berbagai bidang usaha seperti makanan, minuman, dan kosmetik berupa masker. Mahasiswa yang terlibat diharapkan dapat mengembangkan bisnisnya lebih dini dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Program ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berinovasi dan menciptakan solusi dalam menghadapi tantangan yang ada di masyarakat.

Program Merdeka dan UTS Preneurship memberikan peluang yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman di bidang pengabdian masyarakat dan berwirausaha. Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, program ini juga memberikan dampak positif bagi perkembangan karir dan masa depan mahasiswa. Diharapkan program ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan pembangunan bangsa secara keseluruhan.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024