Dosen UTS Masuk 2% Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia

Stanford University dan Elsevier BV, sebuah perusahaan penerbitan akademik asal Belanda yang berfokus pada konten ilmiah, teknik, dan kesehatan, merilis Top 2% World Ranking Scientists untuk tahun 2022. Daftar ini merupakan daftar peneliti paling berpengaruh di dunia. Peneliti yang masuk dalam daftar ini merupakan mereka yang aktif melakukan riset dan publikasi karya ilmiah.

Muhammad Hilmy Alfaruqi, S.T., M.Eng., Ph.D. dosen Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) merupakan salah satu peneliti Indonesia yang masuk ke dalam daftar 2% ilmuwan paling berpengaruh di dunia tersebut. Pemilihan ilmuwan tersebut didasarkan pada nama yang paling banyak dikutip dalam jurnal-jurnal ilmiah di dunia.

Ilmuwan yang masuk dalam database ini diklasifikasikan menjadi 22 bidang keilmuan dan 176 subbidang. Data tersebut memuat lebih dari 100.000 ilmuwan terkemuka yang karyanya banyak dikutip para peneliti lain di dunia, sehingga menjadikan mereka peneliti paling berpengaruh di dunia.

Hilmy menyelesaikan studi S1 Teknik Metalurgi dan Material di Universitas Indonesia, sementara S2 dan S3 Ilmu dan Teknik Material diselesaikan di Chonnam National University, Korea Selatan dengan fokus penelitian di bidang baterai. Dosen Teknik Metalurgi UTS ini telah memiliki lebih dari 40 publikasi di jurnal internasional bereputasi dengan 4.000 lebih sitasi. Di tahun 2020 ia juga mendapat penghargaan Peneliti Terbaik SINTA dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Dr. Hilmy menyampaikan rasa syukur atas prestasinya kali ini, “Saya bersyukur sekali dapat masuk ke dalam daftar bergengsi ini. Tentu tidak semata-mata karena saya pribadi, tapi juga doa dan dukungan keluarga serta rekan-rekan di kampus. Semoga ini dapat semakin memotivasi kita, khususnya saya pribadi, untuk terus berkarya dan berinovasi. Dan tentunya semoga semakin banyak peneliti-peneliti Indonesia yang cemerlang menjadi peneliti kelas dunia,” tuturnya.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D memberikan apresiasi kepada Dr. Hilmy atas prestasi luar biasa ini. “Selamat kepada Dr. Hilmy, Dosen kami yang luar biasa. Ini tentu sangat patut dibanggakan, mengingat bagaimana perkembangan dunia scientist yang begitu pesat dan tentu tidak mudah. Ini akan menjadi penambah semangat bagi para Dosen UTS yang lain, untuk terus berprestasi, dan bagi universitas untuk terus mengupayakan yang terbaik bagi pendidikan di Indonesia Timur. Selamat Dr. Hilmy.” Pungkasnya. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024