Magang di DPR, Mahasiswa Ilkom Galakkan Rasa Nasionalisme Untuk Generasi Muda

Sumbawa, 5 Juni 2023 – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa, Yuni Riskia Erikha saat ini sedang menjalankan praktik magang di kantor DPR Kabupaten Sumbawa. Selama proses magangnya, Yuni terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan di DPR. Sejalan dengan itu, Yuni yang memiliki minat terhadap bidang politik menginisiasi beberapa program, salah satunya adalah metode baru untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada generasi muda di Sumbawa. 

Mahasiswa semester enam tersebut menyebutkan jika praktik magang memberikan wawasan baru untuk dirinya menemukan ide dan kreatifitas. “Berbicara tentang nasionalisme ternyata masih banyak generasi muda yang kurang dalam membangun rasa nasionalisme politik. Waktu yang seharusnya digunakan untuk membangun rasa nasionalisme politik pada generasi muda cenderung acuh tak acuh dengan dunia politik. Penggunaan teknologi dan gadget sepertinya belum mampu menjadi media bagi masyarakat untuk searching lebih jauh tentang bangsa ini.”

Yuni juga menambahkan jika pemuda masa kini semakin jauh dari pengetahuan kebangsaan, “Pancasila, lagu-lagu nasional, dan pelajaran moral, menjadi sebuah hal yang membosankan di mata generasi muda. Padahal jika para generasi muda bisa memahami makna nasionalisme dengan baik maka hal ini akan memotivasi para generasi muda untuk turut serta membangun negeri. Dibutuhkan tindakan  dimana jiwa nasionalisme pada generasi muda bisa tertanam di hati sehingga nilai-nilai politik yang diperlukan menjadi salah satu pedoman bagi kehidupan sehari-hari.”

Yuni menemukan solusi untuk memperbaiki hal tersebut. “Dari beberapa metode yang saya  baca atau yang saya pelajari ada beberapa cara dimana generasi muda merasa asyik untuk melakukannya. Jadi, dari beberapa metode yang bisa menarik minat generasi muda seharusnya memiliki jiwa kebangsaan serta tidak membosankan. Misalnya:

1. Memperkenalkan keberagaman budaya politik dengan  study tour.

Study tour, bukan hanya acara berkunjung ke sebuah daerah yang disana kita menguggah foto kegiatan yang sedang kita lakukan untuk menunjukkannya kepada orang-orang. Lebih dari itu study tour dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya politik kepada generasi muda dengan bersama-sama berbaur dengan masyarakat, memperlihatkan keseluruhan pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya di lingkungan bermasyarakat.

2. Pelajaran Pendidikan Kewarganeraan yang menggairahkan.

Pendidikan Kewarganeraan ditujukan agar para generasi muda bisa menjadi warga negara yang baik, taat kepada aturan negara dan juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Membuat pelajaran Pendidikan Kewarganeraan menjadi salah satu pelajaran yang mengasyikan memang menjadi tantangan di dunia pendidikan. Karena dengan penyampaian pelajaran yang menyenangkan, pesan dapat dengan mudah diterima oleh generasi mudah

3.Memperbanyak menonton film yang bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Menonton film adalah salah satu hal yang disenangi para generasi muda. Hiburan seperti menonton film berdampak efektif untuk mempengaruhi para generasi muda. Oleh karena itu film wajib dijadikan media sarana untuk menumbuhkan semangat  dan rasa nasionalisme para generasi muda.

Yuni berharap dengan langkah kecil yang ia lakukan tersebut, bisa menjadi solusi untuk para generasi muda menemukan cara baru yang menyenangkan untuk menumbuhkan semangat belajar tentang sejarah bangsa. 

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024