OMTC Tingkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Dasar


Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) melaksanakan kegiatan Workshop dengan tema “Desain Media Pembelajaran dengan Canva untuk Guru Sekolah Dasar” yang dilakukan secara tatap muka (28/8/2023) di Lab. Digital UTS.

Kegiatan diikuti oleh 22 guru sekolah dasar yang berasal dari wilayah pendidikan Moyo Hulu dan Lenangguar ini berfokus untuk mengoptimalkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital yang interaktif dengan menggunakan aplikasi Canva. Pemilihan media Canva didasarkan pada kemudahan akses dan tersedia ratusan ribu template yang bisa dipilih guru untuk membuat media pembelajaran digital yang mudah, kreatif dan inovatif.

Muhammad, S.Pd selaku Koordinator Wilayah Pendidikan Moyo Hulu dan Lenangguar menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini dapat membantu para guru di Kecamatan Moyo Hulu dan Lenangguar membuat media pembelajaran yang lebih aktif dan interaktif untuk siswa. “Kegiatan ini sangat luar biasa karena dapat membantu guru-guru di Kecamatan Moyo Hulu dan Lenangguar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih aktif dan interaktif. Terutama dalam menyusun media pembelajaran digital,” ujarnya.

Kepala UPT Olat Maras Training Center (OMTC) Yudi Mulyanto, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan strategi untuk mengoptimalkan kemampuan guru-guru sekolah dasar dalam memanfaatkan aplikasi Canva sebagai wadah baru menyiapkan bahan ajar berbasis digital. Ia pun berharap kegiatan pelatihan ini memberikan outputpada guru sekolah dasar mampu meningkatkan minat dan motivasi bagi siswa dalam memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya aplikasi Canva untuk kegiatan pembelajaran. “Melalui workshop pelatihan ini, kami berupaya mendorong kreativitas dan meningkatkan kolaborasi para guru dalam mempersiapkan konsep bahan ajar digital yang menarik dan dapat diterima oleh siswa,” tutur Yudi.

Mewakilkan Rektor UTS, Nurul Hudaningsih selaku Sekniv UTS membuka secara resmi kegiatan workshop ini. Dalam sambutannya, ia berterimakasih kepada OMTC telah menginiasi berlangsungnya kegiatan ini. Serta Korwil Pendidikan Moyo Hulu dan Lenangguar atas antusiasme yang tinggi menyambut kegiatan ini.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nora Dery Sofya, S.Kom, M.M.Inov selaku trainer berupa materi pengenalan aplikasi serta penggunaannya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Canva. Selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk membuat desain bahan ajar digital sesuai dengan fokus mata pelajaran yang diampuh dan kreatifitas masing-masing dan akan dinilai untuk menentukan desain terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi.

Rencana ke depan, workshop ini akan terus berlanjut dengan menyasar ke beberapa wilayah Kecamatan yang ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (PR)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024