Dosen Psikologi UTS Berikan Psikoedukasi Bebas Kekerasan dan Pelecehan Seksual 

Sumbawa – Maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual dikalangan remaja, dosen program studi Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa tergerak melakukan pengabdian masyarakat di SMKN 1 Alas.  Kegiatan pengabdian ini mengusung tema ” Sekolah Bebas Pelecehan dan Kekerasan Seksual” yang dilaksanakan pada Kamis, 7/9/2023. kegiatan ini diikuti oleh dosen Psikologi UTS,  siswa dan guru SMKN 1 Alas. 

Psikoedukasi tentang pelecehan dan kekerasan seksual di SMKN 1 Alas adalah langkah penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa mengenai masalah ini. Dalam upaya untuk mencegah dan mengatasi pelecehan dan kekerasan seksual, pendidikan psikologis menjadi sarana efektif untuk membantu siswa mengenali tanda-tanda dan dampak negatif dari tindakan tersebut. Dengan psikoedukasi yang terstruktur dengan baik, siswa dapat belajar tentang hubungan yang sehat, batasan pribadi, serta bagaimana melaporkan dan mengatasi situasi yang melibatkan pelecehan dan kekerasan seksual.

Pemateri pada kegiatan ini merupakan internal dosen dari program studi psikologi yang berstatus sebagai psikolog di bidang klinis dan psikolog pendidikan, yaitu Ayuning Atmasari, M.Psi , Psikolog dan Efan Yudha Winata, M.Psi., Psikolog. 

Dalam materinya Efan menjelaskan “Penyebab pelecehan seksual yang sering terjadi karena adanya daya tarik seksual dari  lawan jenis selain itu juga, pelecehan terjadi dikarenakan seseorang pelaku memiliki kekuasaan atau kekuatan terhadap korbannya, dengan disertai iming-iming ataupun  ancaman”. 

Efan juga menambahkan bahwa pelecehan seksual terdapat 5 bentuk yaitu secara lisan, fisik, isyarat,  pelecehan tertulis atau gambar serta pelecehan secara psikologis/emosional.

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak sekolah. Budi Susilo, S.Pd. M.M.Inov selaku kepala sekolah menyampaikan, dengan adanya psikoedukasi ini semoga kedepannya  dapat membantu para siswa mengenali tanda-tanda pelecehan dan kekerasan seksual, serta mengajarkan mereka cara melaporkan kasus yang terjadi. Dengan memiliki pengetahuan yang memadai, tentunya  siswa dapat lebih berani dan percaya diri untuk melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak yang berwenang. Hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan para siswa di lingkungan  SMKN 1 Alas”. Tuturnya

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024