Laksanakan PKM, Dosen SPS UTS Kolaborasi Dengan Dosen Universitas Cordova

Sumbawa — Penyelenggaraan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Kolaborasi tim dosen pelaksana PKM Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Universitas Cordova bersama mahasiswa telah melaksanakan pelatihan dan bimbingan berkelanjutan bagi anggota KKG di SD Gugus II Kecamatan Utan dalam menyusun PTK dan publikasi ilmiah tahap awal pada Sabtu (02/09).

Sesi sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Suparman, S.Pd., M.Pd.B.I dari Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa yang menyampaikan harapannya atas kerja sama antara kedua universitas dalam upaya meningkatkan kualitas para guru melalui pelatihan dan bimbingan penyusunan PTK dan publikasi ilmiah.

Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Ismiati, M. Pd yang menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah mendanai kegiatan PKM ini. Apresiasi penghargaan juga disampaikan oleh Dosen Universitas Cordova tersebut kepada KORWIL Pendidikan, Ketua Gugus II, Ketua KKKS, dan khususnya bapak/ibu guru anggota KKG sebagai mitra kegiatan PKM yang sempat hadir dan memberikan dukungan mulai dari pengumpulan data awal hingga terlaksananya kegiatan.

Sementara itu, ibu Aminah, M. Pd, selaku KORWIL menyampaikan penghargaan kepada KEMENDIKBUDRISTEK dan tim pelaksana PKM yang telah bekerja keras untuk melaksanakan pelatihan dan bimbingan bagi guru di wilayah binaanya. Pada kesempatan itu pula, ibu KORWIL menghimbau para guru untuk serius dalam kengikuti kegiatan dan bisa menghasilkan karya ilmiah berupa laporan hasil PTK dan artikel publikasi, serta berharap agar kegiatan seperti ini bisa dilaksnakan secara berkala oleh stakeholder terkait guna bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan.

Kegiatan pelatihan dan bimbingan perdana tersebut berlangsung dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 16.00 WITA dan diikuti oleh 30 orang guru dari 11 sekolah dibawah naungan Gugus II. Bimbingan selanjutnya akan dilaksanakan dan dijadwalkan selama 8 kali dimana guru akan dibina untuk melaksanakan PTK, menyusun laporan PTK sampai menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal nasional.

Dr. Suparman, S. Pd., M. Pd.B.I sebagai tim pelaksana PKM dari UTS memaparkan materinya tentang publikasi ilmiah dan memotivasi guru untuk terus menulis dan mempublikasi hasil karya tulis ilmiahnya pada jurnal minimal terakreditasi SINTA 6.

“Kita harus produktif dalam menghasilkan publikasi jurnal ilmiah. Bukan hanya itu, publikasi ilmiah ini nantinya dapat menjadi modal rekam jejak kompetensi bagi para guru disini,” ujar Dosen Manajemen Inovasi Sekolah Pascasarjana tersebut.

Selanjutnya Ismiati, M. Pd juga menyampaikan materi tentang pentingnya pelaksanaan dan penyusunan PTK. Sahratullah, M. Pd dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan tentang sistematika penyusunan PTK.

Dengan adanya paparan materi, tanya jawab, dan diskusi selama proses kegiatan, guru-guru terlihat antusias dan termotivasi untuk segera menghasilkan PTK dan melakukan publikasi. (*)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024