Ikuti MUNAS APTIKOM 2022 Ketua Program Studi Informatika UTS Jalin Kerja Sama

llmu komputer dan informatika berkembang dengan sangat pesat, tak ayal perguruan tinggi membentuk sebuah forum Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) untuk program studi yang berada di bawah INFOKOM (Informasi dan Komunikasi), di mana APTIKOM  menghimpun semua prodi di bawah INFOKOM seperti informatika, sistem informasi, sistem komputer, bisnis digital dan lain sebagainya, seluruh penjuru Indonesia. Kemudian APTIKOM menjadi wadah akademika perguruan tinggi saling bertukar ilmu dan mengadakan coaching clinic untuk berbagi ilmu satu sama lain.

MUNAS APTIKOM diadakan 5 tahun sekali untuk memilih struktur kepengurusan baru dan kali ini diadakan di Hotel Prime Plaza Sanur, Bali yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 8 – 10 Desember 2022 yang diikuti oleh 700 kampus dengan jumlah peserta 2000 orang. Untuk kepengurusan sebelumnya Prof.Dr. Achmad Benny M.Q.N. sebagai ketua umum dan Prof. Zainal A. Hasibuan sebagai Sekretaris Jendral kemudian diganti oleh Prof. Zainal A. Hasibuan sebagai Ketua Umum dan Prof.Dr. Achmad Benny M.Q.N. sebagai Sekretaris Jendral.

Rodianto selaku Ketua Program Studi Informatika datang sebagai perwakilan Universitas Teknologi Sumbawa untuk mengikuti MUNAS APTIKOM 2022. Dalam MUNAS tersebut Rodianto mengikuti beberapa rangkaian kegiatan salah satunya coaching clinic akreditasi LAM khususnya akreditasi LAM INFOKOM, yang dimana materi yang disampaikan yaitu gambaran tentang seperti apa  standar-standar akreditasi LAM dan bagaimana standar yang harus kita siapkan untuk mencapai akreditasi baik setelah melakukan visitasi oleh LAM INFOKOM.

Rodianto melakukan inisiasi membangun relasi dengan beberapa kampus yang mengikuti APTIKOM yaitu Universitas M.H. Tamrin Jakarta, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Peteran Yogyakarta, UIN dan Syarif Hidayatullah. Ada 20 kampus yang telah menuju arah kerja sama, seperti BSI Bina Sarana Informatika Jakarta yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Adi Setiawan, M.Kom telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dibidang pendidikan dan penelitian dengan Program Studi Informatika UTS. Lalu kerja sama dengan ITPLN, dimana kerjasama berupa pengembangan jurnal dan kolaborasi riset terkait bidang informatika.

Rodianto juga berhasil membangun kerjasama dengan PT. Artifisial Intelegensia Indonesia yang diwakili oleh Dr. Baiq Hana Susanti,M.Sc selaku Direktur dan melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dibidang Kolaborasi Riset, dan Penerapan Robotik dan Artificial Inteligence dalam proses pembelajaran pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Rodianto sangat terbuka apabila ada kampus ataupun stakeholder yang ingin berkolaborasi dengan Program Studi Informatika dalam menjalankan Tri Dharma dan berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan semangat dalam membangun relasi lebih banyak lagi.

“Kegiatan MUNAS APTIKOM 2022 memberikan dampak yang cukup signifikan, kami dapat membangun relasi dengan kampus dan stakeholder dari perusahaan yang memiliki mitra langsung dengan INFOKOM seperti Oracle dan PT AII. Kami dengan tangan terbuka menerima kolaborasi dan kerjasama antara program studi informatika dengan kampus lain dan perusahaan yang ingin berkolaborasi, dan berharap dengan adanya kerjasama dapat memberikan manfaat kepada masyarakat”. Pungkas Rodianto.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024