Dosen Sastra Indonesia Mengisi Kegiatan Pekan Literasi SMPN 3 Sumbawa

Sumbawa —Dosen  Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa  melaksanakan kegiatan Workshop Menulis Kreatif Sastra di SMPN 3 Sumbawa. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Senin dan Selasa, 12/12/2022 sampai dengan 13/12/2022. Dosen yang melaksanakan kegiatan workshop adalah Jumianti Diana, S.S.,M.Pd. dan Wiwik Surya Utami, S.S.,M.Pd. beserta sepuluh orang mahasiswa.

Kegiatan Workshop Menulis Kreatif Sastra ini diikuti oleh siswa SMPN 3 Sumbawa mulai dari kelas tujuh hingga kelas sembilan. Mereka adalah peserta yang pernah mengikuti lomba menulis cerpen dan puisi pada kegiatan Gebyar Satu Siswa Satu Karya. Cerpen dan puisi yang mereka hasilkan juga dinilai oleh dua orang dosen tersebut sebagai juri netral. Setelah penjurian lomba cerpen dan puisi, kedua dosen bersedia menjadi pemateri dalam kegiatan workshop sebagai  bentuk pengabdian kepada masyarakat guna memenuhi salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami sangat berterima kasih kepada kedua dosen ini, karena telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa-siswi berkaitan dengan proses kreatif menulis karya sastra,” ujar Andriani, S.Pd.,M.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 3 Sumbawa. “Kami juga berharap agar workshop ini bisa menghasilkan karya yang dapat dipublikasi,” lanjut Andriani.

Selama kegiatan workshop berlangsung materi dan praktik menulis dilaksanakan secara bergantian sambil diselingi dengan permainan, pembacaan puisi, pementasan pantomim dan pemberian doorprize berupa buku-buku antologi cerpen dan puisi yang merupakan karya dari kedua dosen. “Semua peserta sangat antusias, sehingga kami semakin bersemangat dalam berbagi ilmu dan pengalaman menulis karya sastra,” ungkap Jumianti Diana selaku ketua tim pengabdian. (JDD)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024