IT BOOTCAMP 2023 Menyongsong Era Digital di Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa, 4 September 2023 — Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bersama Himpunan Mahasiswa Informatika telah sukses menyelenggarakan IT BOOTCAMP 2023 dengan tema “Menuju Sumbawa Digital dan Berwawasan Teknologi.” Acara berlangsung dari Jum’at hingga Minggu, 1-3 September 2023, dan menjadi sorotan utama dalam upaya memperkenalkan prodi Informatika serta mengembangkan antusiasme terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Sumbawa dan bertujuan untuk memberikan wadah kepada mereka yang memiliki minat dan bakat di bidang IPTEK untuk mengembangkan keterampilan. Selain menjadi upaya branding bagi Program Studi Informatika, kegiatan ini juga berkontribusi positif dalam mendukung perkembangan perusahaan startup di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Beberapa sekolah yang berpartisipasi dalam IT BOOTCAMP 2023 antara lain SMAN 1 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa, SMA IT Samawa Cendekia, serta beberapa sekolah lainnya. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Chairul Hudaya, Ph.D., turut hadir juga dekan Fakultas Rekayasa Mietra Anggara, S.T., M.T., Perwakilan Program Studi Informatika Juniardi Akhir Putra, M.Kom., Direktur Sistem Teknologi Informasi (DSTI), I Made Widiarta, M.M.Inov., dan Staff Ahmad Juliansyah, S.Kom. pada Jumat, 1 September 2023. 

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, dan bisa diagendakan untuk dijalankan tahunan atau dijadikan sebagai seri dengan piala bergilir, sehingga dapat mengembangkan antusiasme terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Kabupaten Sumbawa.” Kata Chairul.

IT BOOTCAMP berlangsung selama 3 hari, dengan 2 hari awal digunakan untuk pelatihan peserta oleh Ahmad Juliansyah dan kakak-kakak mahasiswa Informatika UTS di Integrated Laboratory Universitas Teknologi Sumbawa. Peserta diberikan panduan untuk membuat website berbasis WordPress menggunakan plugin Elementor. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih tema yang ingin diangkat dalam pembuatan website mereka, sehingga dapat mengekspresikan kreativitas mereka.

Hari ketiga merupakan waktu untuk presentasi, penjurian, dan malam inaugurasi. Dua dosen Program Studi Informatika UTS, yaitu I Made Widiarta, S. Kom, M. M.Inov. dan Ahmad Juliansyah, S.Kom. M. M.Inov., menjadi juri dalam kompetisi tersebut.

Hasil penjurian menunjukkan bahwa SMA IT Samawa Cendekia meraih Juara 1 melalui website mereka hellotrip.my.id dengan perolehan poin 349. Disusul oleh SMKN 2 Sumbawa Tim 2 sebagai Juara 2 dengan perolehan poin 332, serta SMKN 1 Sumbawa Tim 2 sebagai Juara 3 dengan perolehan poin 304.

Semua pemenang berhak mendapatkan Beasiswa UTS dan Dana Apresiasi. Penyerahan hadiah dilakukan pada malam inaugurasi dan diwakili oleh Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UTS, Mustaram, M.M.Inov., Dekan Fakultas Rekayasa Sistem UTS, Mietra Anggara, M.T., serta Ketua Program Studi Informatika, Rodianto, M.Kom.

Detail hadiah bagi pemenang:

  • Juara 1: Dana apresiasi senilai Rp. 1.000.000 dan beasiswa UTS SPP 50% selama 4 tahun senilai Rp. 8.000.000.
  • Juara 2: Dana apresiasi senilai Rp. 7.000.000 dan beasiswa UTS SPP 25% selama 4 tahun senilai Rp. 4.000.000.
  • Juara 3: Dana apresiasi senilai Rp. 500.000 dan beasiswa UTS Bebas DPP selama 4 tahun senilai Rp. 3.350.000.

“Saya ingin memberikan apresiasi yang besar kepada semua peserta, guru, dan dosen yang telah berkontribusi dalam acara ini. Selamat kepada para pemenang yang telah menunjukkan bakat dan dedikasi luar biasa dalam pembuatan website. Saya berharap bahwa acara seperti ini akan terus berlanjut dan menjadi semacam tradisi yang diadakan setiap tahun. Mari bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik melalui pengetahuan dan teknologi.” Ujar Mietra setelah memberikan hadiah kepada pemenang lomba.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024