FITP Sukses Melakukan Panen Pertama dalam Proyek Agrivoltaic

Sumbawa, 4 September 2023 – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mencatatkan sejarah baru dengan berhasil melaksanakan panen pertama dalam proyek agrivoltaic yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian (FITP), Chairul Anam Afgani, S.TP., M.P, serta Dosen Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM), Nurul Amri Komarudin, S.Si., M.Si. Bersama dengan mahasiswa dan dengan kerjasama dari PT. MedcoEnergi Solar Power Sumbawa, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan pertanian berkelanjutan dan energi terbarukan.

Proyek agrivoltaic yang dimulai pada tanggal 3 Agustus 2023, melibatkan penggabungan antara pertanian dan energi surya di lahan yang sama. Penanaman dilakukan dibawah panel surya PT. MedcoEnergi Solar Power Sumbawa. Tanaman yang ditanam termasuk Pokcoy, bayam, kangkung, saladeri, melon, dan semangka. Bayam dan pokcoy menjadi tanaman pertama yang di panen karena memiliki siklus pertumbuhan yang lebih singkat.

Hasil panen pertama mencapai sekitar 15 kilogram dari kedua jenis tanaman tersebut. Hasil ini menunjukkan potensi besar proyek agrivoltaic untuk meningkatkan produksi pertanian sambil menghasilkan energi terbarukan. Selain itu, proyek ini juga membantu mengurangi evaporasi air dan memberikan perlindungan terhadap panas matahari berlebihan, yang sangat bermanfaat bagi tanaman di bawah panel surya. 

Dekan FITP, Chairul Anam Afgani, S.TP., M.P, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian ini. Proyek agrivoltaic tidak hanya berpotensi untuk meningkatkan produktivitas pertanian, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar”

Nurul Amri Komarudin, S.Si., M.Si, Dosen FTLM, menambahkan, “Kerjasama dengan PT. Medcoenergi Solar Power Sumbawa adalah langkah yang tepat menuju pertanian berkelanjutan dan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Kami berharap proyek ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain.”

Proyek agrivoltaic ini menjadi bukti nyata tentang bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi, perusahaan, dan komunitas lokal dapat menciptakan solusi inovatif yang mendukung pertanian berkelanjutan dan energi terbarukan.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024