Sukses Peningkatan Pemasaran Online Produk Unggulan Desa Melalui Google Bisnisku Dan Sahabat UMKM Bagi Para Pelaku UMKM Di Desa

oleh: Edi Irawan, M.E, Hanifa Sri Nuryani, M.M, Abdul Salam,M.M, Hartini, M.M, Fahlia, M.Pd, Fadli Faturrahman, M.Inov

Bisnis online berkembang pesat sejak 2011 karena semakin meningkatnya penetrasi internet hingga mencapai 20 persen dari total populasi Indonesia. Karena itu, bisnis onlin e mempunyai prospek yang cerah di Indonesia. Diperkirakan pada 2014 dapat mencapai 28.648 juta transaksi dengan nilai USD776 juta. Angka sebesar  5 triliun  rupiah itu hanya produk barang saja atau nilai transaksi barang, tidak termasuk tiket, pertunjukkan dan lainnya. Para pelaku bisnis online juga harus mempunyai perhitungan yang matang dalam menggarap potensi bisnis baik dari sisi strategi marketing, kesiapan jaringan dan akses distribusi untuk menjaga kepuasaan pelanggan. Diharapkan bisnis online dapat meningkat tiap bulannya baik dari segi strategis pemasaran, inovasi pelayanan, ekspansi pasar serta pentingnya kemudahan logistik dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan.
Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat semakin familiar dengan perkembangan internet sehingga ilmu maupun informasi bisa didapatkan melalui media pembelajaran elektronik seperti ebook maupun video tutorial. Selain lebih menghemat kertas, pembelajaran melalui cara ini sangat praktis karena kita tidak perlu lagi membawa buku-buku yang berat. Selain itu ditambah penggunaan gadget yang meningkat dikalangan masyarakat membuat bisnis online ini sangat menjanjikan di tahun 2014. Saat ini  yang sedang  populer adalah semakin banyaknya keberadaan toko online diinternet anda bisa  melihat beberapa toko online diantaranya adalah Toko bagus, oshop, Berniaga, Zalora, Lazada, Kaskus dan lain-lain. Barang yang dijual di toko online juga beragam dari obat sampai komputer  dari yang murah sampai yang  mahal  walaupun sebenarnya bisnis online tidak hanya  toko online saja masih ada Bisnis online lainnya Misalnya  periklanan, Paid review, Jasa Penulisan Artikel, Jasa pembuatan website, Jasa SEO, jualan E Book dan lain-lain.
Perkembangan media sosial yang sangat pesat membuat media sosial juga dijadikan alat pemasaran untuk menjaring pembeli. Dari hal ini muncullah peluang baru yaitu jasa sosial media marketing yang banyak dibutuhkan para pelaku bisnis online. Peluang bisnis yang diperkirakan dapat memiliki banyak peminat adalah bisnis jasa pengelolaan fans page di Facebook, jasa pembuatan video promosi di Youtube, jasa twitter marketing, dan jasa publishing iklan yang sekarang ini banyak dibutuhkan untuk mendongkrak pemasaran dari produk mereka. Perkembangan gadget yang amat pesat diperkirakan dapat memicu perubahan gaya hidup atau lifestyle di kalangan masyarakat. Salah satunya dalam hal berbelanja. Kalau dulu masyarakat lebih suka berbelanja di dunia nyata maka, sekarang masyarakat lebih menyukai hal yang praktis dan modern dengan memanfaatkan toko online baik lokal maupun internasional. Budaya ini diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2025 sehingga juga berdampak pada banyaknya toko online yang hadir. Selain masyarakat yang berbelanja saat ini beberapa masyarakat juga ingin menjadi reseller untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Oleh sebab itu, Pemasaran produk melalui online perlu diperkenalkan pada para pelaku UMKM yang ada di desa – desa hal ini bertujuan yaitu banyak sekali produk – produk desa yang belum terlalu banyak dikenal maka salah satu alat untu memperkenalkan produk desa tersebut dengan menggunakan google bisnisku dan Sahabat UMKM.

Memperkenalkan Google binisku dan Sahabat UMKM ini akan membantu para pelaku UMKM di Desa dalam meningkatkan pemasaran produk mereka. Sedangkan untuk menggunakan google bisnisku dan sahabat UMKM adalah sangatlah mudah. Apalagi bergabung dengan sahabat UMKM ini akan membantu para pelaku UMKM diseluruh desa Indonesia untuk saling mengenal produk – produk masing. Kemudin masih banyak lagi hal – hal yang menarik dikonten Sahabat UMKM yang akan memanjakan para UMKM dalam memasarkan produk unggulan UMKM tersebut.
Adapun Google Bisnisku adalah tools gratis dan mudah digunakan dari Google yang memudahkan pebisnis atau pelaku UMM dan organisasi untuk mengelola informasi mereka di Google, termasuk maps. Kemudian mengenai manfaat Google bisnisku bagi para pelaku UMKM di Desa Yaitu: 1) Memudahkan konsumen mendapat informasi bisnis Para pelaku UMKM.Dengan menggunakan Google Bisnisku, para pelaku UMKM membantu konsumen untuk lebih mudah menemukan bisnisnya. Dilansir dari forbes.com, sebanyak 82% pengguna smartphone melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Karena itu, para pelaku UMKM harus memberikan informasi yang jelas dan mampu menarik konsumen untuk melakukan aktivitas pembelian. Tak hanya itu, dengan mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, maka bisnis para pelaku UMKM di desa akan secara otomatis muncul di Google Maps, tentu akan semakin memudahkan konsumen menemukan store nya. 2) Terdapat fitur analisis pelanggan UMKM dapat melakukan analisis pelanggan dengan menggunakan fitur Analytics. Analisis yang diberikan Google bisnisku akan membantu untuk melihat performa bisnis dibandingkan bisnis yang lain, jumlah pelanggan yang melakukan pencarian dan menemukan bisnis, serta interaksi pelanggan dengan bisnis para pelaku UMKM. Fitur ini juga akan memberi informasi mengenai bagaimana konsumen menemukan bisnis para pelaku UMKM, sehingga para pelaku UMKM bisa memberikan kata kunci pencarian yang lebih sesuai agar bisnismu lebih mudah ditemukan. 3) Berkomunikasi dengan konsumen Google Bisnisku dapat menampilkan review konsumen yang pernah menggunakan produk atau jasa bisnis para pelaku UMKM. Para Pelaku UMKM dapat membaca dan memberi respon untuk review yang diberikan konsumen. Selain itu para pelaku UMKM dan konsumen juga dapat mengunggah foto mengenai aktivitas atau foto kegiatan di Google bisniku. Penelitian yang dilakukan oleh The ROBO Economy menjelaskan bahwa sebanyak 45% konsumen akan melihat review sebelum melakukan pembelian. 

Apabila para pelaku UMKM memberikan kualitas pelayanan dan produk yang baik, maka konsumen akan memberikan review yang baik dan membuat konsumen lain tertarik untuk mengunjungi bisnis para pelaku usaha. Kemudian adapun manfaat para pelaku UMKM di desa menggunakan Sahabat UMKM bagi media pemasaran online produk mereka, yaitu: bagi para pelaku UMKM yang menggunakan sahabat UMKM akan mendapatkan akses pengembangan jaringan bisnis serta memudahkan mengurus hak cipta yang dimiliki oleh para pelaku UMKM di desa. Kemudian yang tidak kalah pentignya adalah adanya informasi mengenai kegiatan – kegiatan pameran yang dilakukan oleh pemerintah berkerjasama dengan para pelaku UMKM se-nusantara, hal ini akan membantu meningkatkan pemasaran produk para pelaku UMKM di desa. Adapun implemetansi perkenalan dari google bisnisku dan Sahabat UMKM khususnya bagi para pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan strategi pemasaran online untuk produk unggulan didesa pada Kabupaten Sumbawa yaitu adanya dua pelatihan sekaligus yaitu pelatihan google bisnisku dan Sahabat UMKM di desa Sebewe kecamatan Moyo Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam rangak kegiatan program pengabdian masyarakat pada tangal 07 Juli 2022 di desa Sebewe Kecamatan Moyo Utara dengan tema “Pelatihan Pendampingan Google Bisnisku dan Sahabat UMKM Untuk Meningkatkan Pemasaran Di Era Digital Pada Para Pelaku Usaha UMKM Desa Sebewe Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa”. Program tersebut merupakan salah satu kegiatan yang didanai Hibah PkM Internal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa di Tahun 2022.

Tujuan pelaksanaan program tersebut adalah membantu mensukseskan pemasaran produk unggulan melalui media online serta strategi pemilihan media dan strategi penjulan melalui media online dengan tujuan akhir untuk meningkatkan hasil jual produk bagi para pelaku UMKM Desa Sebewe Kecamatan Moyo Utara. Pelaksanaan Program tersebut dihadiri oleh Kepala desa Sebewe, para pelaku UMKM di desa Sebewe serta tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Edi Irawan, M.E, Hanifa Sri Nuryani, M.M, Abdul Salam,M.M, Hartini, M.M, Fahlia, M.Pd, Fadli Faturrahman, M.Inov Kemudian dari mahasiswa FEB UTS ,Sultan Kedawa, Raudatul Jannah dan Zilzidan Zilullah.
Dalam sambutan kepala desa Sebewe yaitu Pak Muh. Shalahuddin,S.H, beliau menyampaikan bahwa apresiasi dari hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa yakni melalui pelaksanan pelatihan pendampingan google bisnisku dan sahabat umkm untuk meningkatkan pemasaran di era digital pada para pelaku usaha umkm desa sebewe kecamatan moyo utara kabupaten sumbawa dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan pemasaran produk unggulan melalui media online serta mampu memilih media dan strategi penjulan melalui media online dengan tujuan akhir untuk meningkatkan hasil jual produk   
Adapun hasil akhir yang diperoleh dalam pelatihan melalui sesi diskusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat  yaitu para pelaku UMKM menyadari tentang kentungan menjalankan binis online, yang diantara yaitu: 1) Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Modal utama dalam menjalankan bisnis   online adalah komputer, laptop atau notebook dan jaringan internet. Para pelaku UMKM tidak perlu toko atau ruko, gedung dan lain sebagainya yang membutuhkan modal yang sangat banyak. Para pelaku UMKM bisa menjalankan bisnis online di dalam kamar pribadi mereka. Dengan hanya bermodalkan komputer, Modem dan langganan internet Para pelaku UMKM sudah bisa memulai bisnis online. Bila dibandingkan para pelakau UMKM akan memulai bisnis offline toko baju misalnya anda perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit dari sewa tempat,peralatan,Belanja barang,promosi. Biaya Operasional  hanya untuk internet dan listrik. Karena media yang dipakai hanya internet maka biaya operasionalnya juga hanya untuk biaya langganan internet dan listrik. Bisnis online akan bekerja 24 jam non stop sekalipun anda tidur. Hal ini karena yang bekerja bukan para pelaku UMKM tapi juga adanya sistem  yang berjalan. Tugas para pelaku UMKM adalah memfollow up dari permintaan-permintaan yang sudah diterima oleh sistem atau permintaan dari konsumen mereka. Dengan memilih bisnis online maka para pelaku UMKM bisa dengan mudah untuk bekerja  bekerja kapan saja dan  dimana saja. Bila para pelaku UMKM sibuk bekerja di kantor, bisnis online ini tetap bisa mereka kerjakan, sistem akan membantu para pelaku UMKM untuk mendapatkan uang. Jadi, para pelaku UMKM bisa  bekerja dengan mudah   sekalipun mereka memiliki banyak profesi.2) Jangkauan pasar lebih luas. Bila para pelaku UMKM menjalankan bisnis online, maka  para pelaku UMKM bisa mendapatkan konsumen dimana saja bahka diluar pulau pun juga bisa mereka dapatkan. Dengan fasilitas koneksi internet, para pelaku UMKM bisa memasarkan produk dengan jangkauan yang sangat luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Para pelaku UMKM tidak harus membayar biaya-biaya yang sangat mahal karena semua itu bisa mereka lakukan dengan gratis. Dengan adanya  hal tersebut maka sangat besar kemungkinan bagi  Para pelaku UMKM untuk mendapatkan konsumen  dimana saja. 3) Pelayanan mudah dan cepat. Konsumen semakin dipermudah dengan berbagai layanan online yang tersedia. Mereka bisa Mau membayar, tinggal transfer saja, mau menerima barang tinggal menunggu dirumah saja sampai kirimannya sampai dan layanan yang lainnya. Dengan pelayanan yang cepat tersebut maka siapa saja bisa menjalankan bisnis online, bila ingin transfer dengan mudah dan kapan saja, tinggal  menggunakan internet banking atau sms banking.4) Tempat. Bisnis online bisa dilakukan  dari meja komputer dirumah.Itulah Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offline adalah bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah jadi para pelaku UMKM tidak perlu banyak aktifitas di luar ruangan

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024