Selamat! Prodi Manajemen UTS, Boyong Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka Senilai 875 Juta

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berupaya mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama tersebut dengan merancang suatu program kompetisi yang dikemas dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Program ini dirancang dalam 3 (tiga) skema dimana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat berkompetisi sehat sesuai dengan aturan pada tiap skemanya.

Program Kompetisi Kampus Merdeka atau disingkat PK-KM adalah salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI dalam mendukung kebijakan kampus merdeka. PKKM ini merupakan program kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system) yang bertujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan relevansi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan, serta menguatkan sistem tata kelola Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

Anggaran program kompetisi kampus merdeka ini mencapai 415 Miliar untuk 142 perguruan tinggi yang lolos dan kabar baiknya Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa berhasil Lolos dalam Kompetisi tersebut dengan total anggaran yang diterima sebesar Rp. 875.000.000 dan di tingkat institusi yang disebut Institusional Support System (ISS) , UTS juga mendapatkan pendanaan sebesar 555 juta. Jadi total anggaran yang diterima senilai 1,430 miliar rupiah.

Skema Pengajuan Program
PK-KM dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS) – MBKM.

Pada tataran institusi, PK-KM ISS-MBKM secara khusus ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM dan memfasilitasi implementasi kampus merdeka untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang dilaksanakan di seluruh program studi.

Selanjutnya pada tataran Program Studi (PS), program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu PS melalui penguatan relevansi dan peningkatan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan yang dimiliki oleh PS serta meningkatkan kerjasama dengan dunia industri dan dunia usaha (Dudi) dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

Oleh Karena itu, setelah dilaksanakan nya kegiatan evaluasi administrasi dan seleksi kualitas serta kelayakan Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2022 dan dinyatakan Lolos, maka selanjutnya dilaksanakalah kegiatan Verifikasi Kelayakan Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2022 Batch V pada 12 – 14 Juli 2022 bertempat di Hotel Horison Grand Serpong Jl. MH Thamrin No. KM 2.7 Panunggangan Utara Kota Tangerang, Banten. Dimana kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diisi dengan berbagai kegiatan. Dihari pertama dilakulan Verifikasi Kelayakan Prodi/ISS-MBKM 1 – 3, pada hari kedua ada Verifikasi Kelayakan Prodi/ISS-MBKM 4, 5 dan Pemeriksaan Hasil Perbaikan Usulan Prodi/ISS-MBKM 1 – 5, dan dihari ketiga adalah Penandatanganan Berita Acara.

Beberapa dosen yang menjadi tim untuk mewakili penerimaan Bantuan PK-KM 2022 ini, Yaitu Nova Adhitya Ananda, M.M sebagai Ketua Task Force ISS UTS, dengan anggota Desi maulidyawati, M.Pd, selanjutnya Muhammad Nur Fietroh, M.Sc sebagai Ketua Taskforce Prodi Manajemen UTS dengan Muhammad Nurjihadi, M.Si sebagai Anggota Taskforce Prodi Manajemen UTS serta Ibu Diah Anggraeni Hasri, M.Sc dan Ibu Serli Oktapiani, M.M yang turut hadir mendampingi guna membantu kelengkapan teknis dan administratif. Adapun beberapa orang yang menjadi Evaluator dari Kemristekdikti yaitu Arief Rahman Ibrahim, Fransisca Endang Lestariningsih dan Dedy Supriyadi. Acara tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

“Semoga kedepannya akan banyak berita baik untuk Kampus kita Universitas Teknologi Sumbawa terkhususnya Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Program Studi Manajemen, dan tentunya prodi-prodi lainnya. Kita mengupayakan agar program ini bisa berjalan sukses, sehingga di tahun mendatang kita bisa memperoleh dana hibah serupa tanpa harus mengajukan proposal lagi.” Tutur Fietroh.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan apresiasi kepada Tim Prodi Manajemen dan ISS yang telah berhasil memperoleh hibah tersebut. “Kita tahu program Kampus Merdeka memberikan efek yang sangat baik bagi dunia kampus, memicu lebih banyak lagi kreatifitas dan inovasi dibidang pendidikan. Melalui program PK-KM ini kami berharap bisa memberikan hasil maksimal, sesuai dengan visi PK-KM itu sendiri yakni meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran. Selamat kepada semua.” Pungkas Rektor.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024