Ikuti Kompetisi INVENTRA ITB, Mahasiswa UTS Ciptakan Teknologi “Smart Farming berbasis IoT

Pembentukan jiwa kompetisi dikalangan mahasiswa bisa dilakukan lewat berbagai cara, baik dengan menyediakan wadah berkompetisi itu sendiri dari internal kampus, ataupun memberikan mereka akses dan semangat mencoba berkompetisi external, baik mengikuti program yang disediakan pemerintah ataupun kompetisi dari perguruan tinggi lain yang telah lebih dulu ada.

Semangat ini juga yang sejak awal diterapkan oleh para Dosen kepada para Elang Muda sapaan mahasiswa UTS. Seperti kompetisi yang telah diikuti oleh salah 1 Tim Mahasiswa UTS, yaitu Program Invention Tradition atau disingkat INVENTRA. Program IVENTRA merupakan program Inkubasi gagasan/inovasi, untuk membiasakan tradisi inovasi kepada para aktivis/kader Masjid Salman Institute Teknologi Bandung. Peserta yang mengikuti Inventra adalah aktivis/kader salman yang telah mengikuti jenjang kaderisasi Masjid Salman ITB yaitu Latihan Mujtahid Dakwah (LMD). Program INVENTRA merupakan Program Kaderisasi Lanjutan yang diselenggarakan oleh Bidang Mahasiswa, Kaderisasi dan Alumni (BMKA), Yayasan Pembina Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (YPM Salman ITB).

Adalah Ari Kurniawan (Teknik Elektro, UTS), Rahmad (Teknik Mesin, UTS), dan Nurul Syifa’ (STT Mandala Bandung) telah mengikuti Program INVENTRA tahun 2022 dengan durasi 4 bulan terhitung April-Juli 2022. Selama 4 bulan tersebut Ari dan Tim yang dibimbing oleh Paris Ali Topan S.T.,M.T (Dosen Fakultas Rekayasa Sistem) telah mendapatkan program pembinaan, pendamping, pendanaan project dari Masjid Salman ITB untuk mengimplementasikan project yang akan digagas. Diakhir project terdapat kegiatan EXIBITION untuk memamerkan dan mempresentasikan karya yang telah diimplementasikan kepada para investor/kolaborator yg tertarik.

Awalnya Ari mengetahui informasi terkait program-program Masjid Salman ITB dari kakak tingkatnya, setelah itu Ia kemudian Ia mencari tahu lebih dalam, kemudian Ia mengetahui adanya Program INVENTRA, kebetulan juga Ia sangat tertarik karena programnya fokus di program inovasi dan pengembangan skill mahasiswa.

Ari menjelaskan, sebelumnya pada Januari 2022 Ia telah mengikuti perjenjangan kaderisasi Masjid Salman ITB yaitu Latihan Mujtahid Dakwah (LMD), baru setelahnya mendaftar pada Program Inventra dengan mengajukan proposal project inovasi.

Project yang digagas oleh Tim Ari dalam program INVENTRA yaitu teknologi “Smart Farming berbasis IoT”, dimana teknologi ini memungkinkan para farmer (petani) memonitoring dan mengontrol perkebunannya dari jarak jauh melalui Smartphone.

Ari sebagai Ketua Tim memaparkan, “gagasan ini muncul karena melihat beberapa green house yang dikelola oleh Relawan Inspirasi yaitu “Rumah Zakat” dalam program Rumah Gizi, kurang begitu maksimal perawatannya karena sulitnya memantau Rumah Gizi tersebut setiap hari secara rutin. Oleh karena Itu, tim kami menggagas teknologi “Smart Farming berbasis IoT” agar dapat Memantau dan Mengontrol kondisi Rumah Gizi dari mana saja dan kapan saja.” Tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa output yang ingin dihasilkan yaitu sebuah prototype produk teknologi Smart Farming berbasis IoT, yang mampu memonitoring kadar air tanah dan mengontrol pemyiraman tanaman, dengan hal tersebut dapat dikontrol lewat Smartphone. Ari dan Tim berharap dapat mengembangkan project inovasi ini menjadi produk teknologi skala industri, dengan membuat platform IoT sendiri dan sistem Smart Farming yang mampu di Custom sesuai dengan kebutuhan Farmer(petani).

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan apresiasi atas pencapaian para Elang Muda. “Kami selalu mendukung penuh para mahasiswa untuk mengembangkan diri lewat berbagai kesempatan, sebagai contoh kompetisi semacam ini. Ari dan Tim adalah contoh, bahwa mahasiswa adalah agen perubahan sesungguhnya untuk masyarakat. Lewat pemikiran kritis Ari yang ingin memberikan solusi bagi para petani munculah teknologi tersebut. Ini bisa menjadi contoh untuk mahasiswa lain, bahwa siapapun bisa mengambil peran untuk kemajuan masyarakat kita. Selamat Ari dan Tim, We Proud Of You.” Pungkas Rektor

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024