Turut Semarakkan MXGP, UTS Luncurkan Kamus Bahasa Sumbawa

Gelaran Motor Cross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa, akan terselenggara sebentar lagi. Gelaran yang direncanakan pada tanggal 24-26 Juni 2022 tersebut akan menarik banyak mata para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Baik pemerintah daerah maupun panitia penyelenggara kegiatan tersebut, telah memprediksi jumlah wisatawan yang akan datang berkisar pada angka 50 ribu pengunjung. Tentunya hal ini memberikan surplus bagi masyarakat Sumbawa, baik dari segi ekonomi, popularitas, sosial dan budaya. Event tersebut merupakan semangat baru bagi masyarakat dari keterpurukan ekonomi di era pandemi Covid 19.
Menanggapi hal tersebut, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menghadirkan beragam teknologi dan inovasi untuk membantu menyukseskan gelaran tersebut. Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah di launchingnya “Kamus Bahasa Sumbawa – Indonesia – Inggris” untuk membantu mobilisasi para wisatawan yang berkunjung ke Sumbawa. Kamus ini akan memberikan pengalaman baru bagi para tourist yang berkunjung dan menikmati gelaran MXGP.
Menurut Direktur Riset dan Inovasi UTS, Joni Firmansyah, S.IP.,M.I.P, “Kehadiran MXGP memancing lahirnya inovasi-inovasi, tidak hanya di kalangan pemerintah daerah, melainkan di kalangan akademisi. UTS kemudian menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan banyak inovasi, salah satunya Kamus Bahasa Sumbawa. 

Kita memahami bahwa aspek komunikasi akan menjadi tantangan baru bagi para wisatawan, namun dengan kamus ini, kami berharap masalah komunikasi bukan lagi menjadi soal”.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Khotibul Umam, S.Si.,M.Sc, menyampaikan hal serupa. “Saat ini terdapat 7 fakultas di UTS. Masing-masing fakultas menghadirkan program unggulannya masing-masing. Kamus Bahasa Sumbawa merupakan inovasi dari Fakultas Rekayasa Sistem (FRS) yang hingga saat ini masih dapat dikembangkan, namun sudah layak untuk digunakan. Kedepannya, akan hadir inovasi-inovasi lainnya dari UTS untuk menyukseskan gelaran MXGP dan satu persatu akan kami reveal ke publik”.
Kamus Bahasa Sumbawa didesain oleh Shinta Esabella, ST., MTI, Nora Dery Sofya, S.Kom., M.M.Inov, Erwin Mardinata, S.Kom., M.M.Inov, Yana Karisma, S.Pd, MA dan Rodianto, M.Kom. Hingga saat ini, telah tersedia 2000 lebih kosakata umum dan kerap digunakan untuk di translate ke dalam 3 bahasa. Kamus Bahasa Sumbawa dapat diakses melalui play store dengan handphone berbasis sistem android. Kamus Bahasa Sumbawa diharapkan dapat digunakan oleh semua kalangan untuk memudahkan interaksi antara masyarakat lokal dan pengunjung dalam gelaran MXGP tahun 2022. Tentu pula dukungan dari pemerintah daerah untuk mengenalkan kamus ini ke public akan lebih terasa manfaatnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin