Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM) pada hari Selasa, 25 April 2023. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting. 

Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain:

  • Praktisi industri pertambangan: perwakilan dari PT. BUMA, PT. Sumbawa Timur Mining, PT. Bahana Selaras Alam, PT. Petrosea, Tbk., PT. WSP, PT. Berau Coal, PT. Vale Indonesia, Tbk., PT. J-Recources, PT. Macmahon Indonesia Sub-Kontraktor Mining PT. AMNT, dan PT. MNC Energy Group. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kebutuhan industri pertambangan terhadap lulusan Teknik Pertambangan UTS.
  • Dosen Teknik Pertambangan: dari berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Hasanuddin, Trisakti, Tanjungpura, Universitas Muslim Indonesia, Politeknik AGP Bandung, Universitas Bosowa, Universitas Palangka Raya, Institut Teknologi Sains Bandung, dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kurikulum dari sudut pandang akademisi.
  • Pejabat pemerintah: Kepala Bidang Minerba ESDM Provinsi NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, dan Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kebutuhan pemerintah daerah terhadap lulusan Teknik Pertambangan UTS.
  • Lainnya: Direktur Akademik Universitas Teknologi Sumbawa dan Ketua Himpunan Persatuan Mahasiswa Tambang Universitas Teknologi Sumbawa. Mereka memberikan masukan dan saran dari sudut pandang internal UTS dan mahasiswa.

Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan komitmen UTS untuk menghasilkan kurikulum yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, industri, dan pemerintah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FTLM UTS, Dedy Dharmawansyah, S.T., M.T., Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta yang hadir dalam kegiatan uji publik ini. Beliau juga menekankan pentingnya kurikulum MBKM dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Dalam memaparkan visi dan misi FTLM UTS, Dedy menjelaskan bahwa FTLM UTS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki hard skills yang mumpuni, tetapi juga soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, dan problem solving.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua Program Studi Teknik Pertambangan UTS, Sayidatina Hayatuzzahra, M.Eng. Dalam paparannya, Sayidatina menjelaskan tentang kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS yang telah dirancang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk praktisi industri dan akademisi. Kurikulum ini menitikberatkan pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus melalui berbagai program, seperti magang, penelitian, dan proyek kemanusiaan.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para peserta uji publik memberikan berbagai masukan dan saran untuk penyempurnaan kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS. Masukan dan saran tersebut akan dipertimbangkan oleh tim penyusun kurikulum untuk selanjutnya dilakukan revisi terhadap kurikulum.

Uji publik kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan program MBKM di UTS. Diharapkan dengan kurikulum yang berkualitas, Program Studi Teknik Pertambangan UTS dapat menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Beberapa poin penting dari kegiatan uji publik:

  • Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS dirancang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk praktisi industri dan akademisi.
  • Kurikulum ini menitikberatkan pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus.
  • Para peserta uji publik memberikan berbagai masukan dan saran untuk penyempurnaan kurikulum.
  • Masukan dan saran tersebut akan dipertimbangkan oleh tim penyusun kurikulum untuk selanjutnya dilakukan revisi terhadap kurikulum.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan uji publik:

  • Terwujudnya kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  • Mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan di UTS.

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024