Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM) pada hari Selasa, 25 April 2023. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting. 

Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain:

  • Praktisi industri pertambangan: perwakilan dari PT. BUMA, PT. Sumbawa Timur Mining, PT. Bahana Selaras Alam, PT. Petrosea, Tbk., PT. WSP, PT. Berau Coal, PT. Vale Indonesia, Tbk., PT. J-Recources, PT. Macmahon Indonesia Sub-Kontraktor Mining PT. AMNT, dan PT. MNC Energy Group. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kebutuhan industri pertambangan terhadap lulusan Teknik Pertambangan UTS.
  • Dosen Teknik Pertambangan: dari berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Hasanuddin, Trisakti, Tanjungpura, Universitas Muslim Indonesia, Politeknik AGP Bandung, Universitas Bosowa, Universitas Palangka Raya, Institut Teknologi Sains Bandung, dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kurikulum dari sudut pandang akademisi.
  • Pejabat pemerintah: Kepala Bidang Minerba ESDM Provinsi NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, dan Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD. Mereka memberikan masukan dan saran terkait kebutuhan pemerintah daerah terhadap lulusan Teknik Pertambangan UTS.
  • Lainnya: Direktur Akademik Universitas Teknologi Sumbawa dan Ketua Himpunan Persatuan Mahasiswa Tambang Universitas Teknologi Sumbawa. Mereka memberikan masukan dan saran dari sudut pandang internal UTS dan mahasiswa.

Kehadiran berbagai pihak ini menunjukkan komitmen UTS untuk menghasilkan kurikulum yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, industri, dan pemerintah.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FTLM UTS, Dedy Dharmawansyah, S.T., M.T., Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta yang hadir dalam kegiatan uji publik ini. Beliau juga menekankan pentingnya kurikulum MBKM dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Dalam memaparkan visi dan misi FTLM UTS, Dedy menjelaskan bahwa FTLM UTS berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki hard skills yang mumpuni, tetapi juga soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, dan problem solving.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua Program Studi Teknik Pertambangan UTS, Sayidatina Hayatuzzahra, M.Eng. Dalam paparannya, Sayidatina menjelaskan tentang kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS yang telah dirancang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk praktisi industri dan akademisi. Kurikulum ini menitikberatkan pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus melalui berbagai program, seperti magang, penelitian, dan proyek kemanusiaan.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para peserta uji publik memberikan berbagai masukan dan saran untuk penyempurnaan kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS. Masukan dan saran tersebut akan dipertimbangkan oleh tim penyusun kurikulum untuk selanjutnya dilakukan revisi terhadap kurikulum.

Uji publik kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan program MBKM di UTS. Diharapkan dengan kurikulum yang berkualitas, Program Studi Teknik Pertambangan UTS dapat menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Beberapa poin penting dari kegiatan uji publik:

  • Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS dirancang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk praktisi industri dan akademisi.
  • Kurikulum ini menitikberatkan pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus.
  • Para peserta uji publik memberikan berbagai masukan dan saran untuk penyempurnaan kurikulum.
  • Masukan dan saran tersebut akan dipertimbangkan oleh tim penyusun kurikulum untuk selanjutnya dilakukan revisi terhadap kurikulum.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan uji publik:

  • Terwujudnya kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan UTS yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  • Mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan di UTS.

Lolos Hibah P3D, Prodi Kewirausahaan UTS Siap Ciptakan Metode Belajar Yang Keren 

Program Studi Kewirausahaan UTS berhasil lolos hibah Pengembangan dan penyelenggaraan...

Read MoreMei 11, 2024

Kembali Berprestasi, Mahasiswa FITH UTS Lolos PKM-PM 2024

Sumbawa (UTS) – Pada tahun ini, Dikti kembali mengadakan Pekan...

Read MoreMei 10, 2024

Magang di Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dua Mahasiswa Ilkom Tunjukkan Dedikasi Yang Luar Biasa

Sumbawa, 2 Mei 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi...

Read MoreMei 10, 2024

Sukses Digelar, Uji Publik Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum Merdeka Belajar...

Read MoreMei 10, 2024