Cetak Prestasi Dibidang Non Akademik Mahasiswa FEB UTS Borong Medali Emas Di Open Turnamen Pencak Silat Rektor Ummat Cup

Sumbawa, UTS –  Pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa Indonesia, tetapi sudah sampai kebelahan bumi lain seperti dataran eropa. Di Indonesia sendiri memiliki ratusan perkumpulan atau perguruan silat yang terdiri dari bermacam aliran di berbagai daerah.

Guna memfasilitasi para pelatih untuk dapat mengevaluasi kemajuan atlet Tapak Suci Putera Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar Kejuaraan Pencak Silat Rektor UMMAT Cup 2022, dengan tema “Bersama Perguruan Pencak Silat Tapak Suci menuju Prestasi Gemilang”. Kegiatan berlangsung di Auditorium H. Anwar Ikraman UMMAT dari tanggal 28 Desember 2022 – 01 Januari 2023, yang diikuti oleh 240 peserta se-NTB.

Empat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa kembali melahirkan mahasiswa/i berprestasi di bidang non akademik yang tergabung dalam kontingen Tapak Suci Putera Muhammadiyah Universitas Teknologi Sumbawa (TSPM UTS).

Para mahasiswa tersebut antara lain Nela Alyah Putri Prodi Ilmu Aktuaria Angkatan 2022 meraih medali emas kelas A dewasa putri, Rahmi syalmiati Prodi Akuntansi Angkatan 2021 meraih medali emas kelas C dewasa putri, Esti sardina Prodi Manajemen Angkatan 2022 meraih medali emas kelas E dewasa putri, dan Miftahul Huda Prodi ekonomi pembangunan Angkatan 2022  meraih medali perunggu kelas E dewasa putra.

Nela, sapaan akrab untuk Nela Alyah Putri menceritakan ketertarikannya akan pencak silat sudah sedari dia duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dimana sebelumnya Nela sudah mengoleksi banyak medali dan piala dicabang olahraga pencak silat yang diantarannya pernah meraih juara 2 ditingkat Daerah, juara 3 tingkat Kabupaten, dan juara 1 di 02SN.

Selain nela ada juga rahmi yang telah terjun dalam dunia pencak silat dan telah meraih beberapa penghargaan dan piala yang diantara nya juara 2 O2SN kategori remaja kelas E, Juara 2 PORKAB kelas E remaja,dan Juara 2 PORKAB kelas C dewasa

Salah satu faktor utama kemanangan yang dihasilkan oleh empat mahasiswa FEB UTS adalah keuletan selain itu juga persiapan fisik dan teknik agar mampu meraih hasil maksimal di setiap perlombaan yang dimana melakukan latihan secara rutin setiap malam, naik turun tangga, lari dan beberapa Latihan lainnya untuk melatih fisik.

Selain itu para pelatih juga menekankan bahwa tiap atlet diminta berusaha sebaik mungkin dan bertanggung jawab akan fisiknya masing-masing.

“Dalam mempersiapkan diri kami dilatih secara fisik dengan melakukan Latihan setiap malam lima kali dalam seminggu , naik turun tangga, lari , dan menyesuaikan berat badan sesuai kategori yang kami ikuti.” Ujar nela.

Terakhir nela berpesan agar teman-teman mahasiswa yang lain juga ikut mencetak prestasi yang tidak hanya di bidang akademik akan tetapi di non akademik.

“kita harus berani mencoba dan bisa mengatur waktu, jangan hanya terpaku untuk mengasah prestasi di akademik saja akan tetapi di non akademik kita juga bisa meraih prestasi”. Ujar nya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024