FRS Mengadakan Engineering Sharing Session dengan KOMINFO RI dan PLN Sumbawa Barat

FRS Mengadakan Engineering Sharing Session Bersama KOMINFO RI dan PLN Sumbawa Barat dengan tema Serapan Dunia Kerja Bagi Lulusan PT di Era Society 5.0. 

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan pesat terutama dibidang teknologi informasi, pada saat ini merupakan transisi dari era industri 4.0 ke era Society 5.0 yang dimana di era society 5.0 Society 5.0 mencapai tingkat konvergensi yang tinggi antara dunia maya (virtual space) dan ruang fisik (real space) tidak luput juga di dunia kerja juga memanfaatkan teknologi society 5.0.

Oleh karena itu pada tanggal 4 Januari 2023 Fakultas Rekayasa Sistem melakukan inisiasi untuk mengadakan Webinar Engineering Sharing Session melalui Zoom Meeting dengan tema Serapan Dunia Kerja Bagi lulusan PT di Era Society 5.0  guna mempersiapkan lulusan Fakultas Rekayasa Sistem dalam menghadapi era society 5.0, skill-skill apa saja yang harus di kuasai terutama dibidang teknologi.

Fakultas Rekayasa Sistem mengundang pembicara yang ahli dalam teknologi informasi yaitu Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom Kepala Badan LITBANG SDM KOMINFO RI.

Hary Budiarto dalam webinar menyampaikan “Kementerian KOMINFO RI dalam rangka menyiapkan SDM digital, KOMINFO membuat Road Map Indonesia Digital 2021-2024, yang dimana ada 4 Sektor Strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintah digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Seperti yang kita rasakan saat ini kita bisa melakukan webinar ini tidak luput dari infrastruktur digital. Di Sektor Infrastruktur Digital KOMINFO akan membangun BTS di setiap desa dan akan meluncurkan satelit pada bulan juni 2023 untuk memperluas akses internet di Indonesia Karena sektor infrastruktur merupakan komponen terpenting dalam mewujudkan roadmap Indonesia Digital 2021-2024” pungkasnya.

Tidak hanya itu KOMINFO RI melalui Digitalent.kominfo.go.id juga mendukung mahasiswa, freshgraduated, dan masyarakat dalam mengembangkan skill teknologi dan mendapatkan sertifikasi karena total kebutuhan talenta digital saat ini mencapai 9 juta orang serta melalui deploy.id kominfo akan menyalurkan talenta digital. KOMINFO juga memberikan beasiswa untuk yang sudah bekerja selama 2 tahun baik dalam negeri maupun diluar negeri.

Kemudian fakultas rekayasa sistem juga mengundang pemateri yang ahli dibidang di engineering yaitu Yoga Dwi Widagdo dari PLN Asisten Manager Unit Pelaksana Pembakitan Tambora Sumbawa Barat. Yoga Dwi Widagdo dalan webinar menyampaikan ada kompetensi yang harus disiapkan oleh mahasiswa dalam menyiapkan diri dalam menghadapi era society 5.0.

“Beberapa yang harus mahasiswa siapkan dalam menghadapi era society 5.0 yaitu pertama leadership kemampuan dalam memimpin, kedua language skill mahasiswa  harus memahami Bahasa internasional, ketiga it letaracy mahasiswa harus siap untuk belajar aplikasi baru baik dari cara kerjanya sampai dengan fungsinya, keempat critical thinking mahasiswa harus berpikir kritis dalam mencari solusi permasalahan yang ada dan mempersiapkan plan a plan b dalam menyelesaikan permasalahan, kelima creative mahasiswa harus kreatif dalam berinovasi, keenam problem solving mahasiswa harus mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan masalah, terakhir writing skill mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam menulis agar lebih kreatif lagi menciptakan tulisan-tulisan yang berguna untuk khalayak” pungkasnya

Mahasiswa juga harus Upgrade Kemampuan dan perbanyak pengalaman di luar materi perkuliahan. Semakin banyak dan terbiasa menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada membuat kemampuan semakin meningkat. Contohnya mengikuti magang di perusahaan, lomba Karya Ilmiah, lomba Inovasi, kursus Pelatihan Bahasa Asing ataupun Kursus Pelatihan kerja, terbiasa Aktif dalam organisasi maupun lingkungan perkuliahan.

Yuliadi, M.Kom selaku manajer inovasi dan kerjasama dalam webinar menyampaikan “dalam menghadapi era society 5.0 banyak yang harus dipersiapkan baik kompetensi soft skill maupun hard skill yang harus dikuasai oleh mahasiswa dan terima kasih kepada pembicara yang telah bersedia memberikan materi kepada mahasiswa kami agar mendapatkan gambaran serapan dunia kerja yang akan mereka hadapi.”pungkasnya

Mietra Angga, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Rekayasa Sistem UTS menyampaikan “kegiatan ini sangat penting dilakasanakan guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja baik kemampuan hard skill maupun soft skill serta keterampilan khusu agar mahasiswa berkompeten dibidangnya” jelasnya

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024