UTS Perkuat Kerja Sama Industri dengan Medco Power

Kerja sama industri oleh perguruan tinggi menjadi salah satu hal penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif. Kerjasama antara perguruan tinggi dengan industri memiliki manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak. Bagi perguruan tinggi, kerjasama dengan industri memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman praktis yang relevan dengan dunia kerja, sedangkan untuk industri, mereka dapat berperan dalam membentuk kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, juga membuka peluang bagi industri untuk merekrut calon karyawan yang berkualitas secara langsung dari perguruan tinggi.

Rektor UTS Chairul Hudaya telah menerima kunjungan PT Medco Power yang diwakili oleh Radityo selaku Senior Manager Capability Development dan Nurdin selaku Senior Manager Operational Excellence pada 23/10/2023. “Kemarin kami kedatangan tamu istimewa dari Jakarta, Pak

Radityo dan Pak Nurdin dari Medco Power. Selain ingin bersilaturahmi, kedatangan beliau untuk melihat fasilitas yang dimiliki UTS karena saat ini ada dua orang pegawainya yang dikuliahkan di Teknik Elektro UTS. Ini adalah kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya melalui kegiatan agrovoltaic.” Terang Rektor.

Dalam pertemuan ini, Rektor UTS bersama jajaranya berdiskusi tentang pentingnya kerja sama antara perguruan tinggi dengan industri. “Hubungannya sangat erat dan saling

membutuhkan. Industri memerlukan SDM yang mumpuni untuk melakukan proses bisnis. Sementara perquruan tinggi memerlukan masukan industri agar lulusan yang dihasilkan relevan dengan kebutuhan mereka.

Permasalahannya, terkadang Perguruan Tinggi lambat dalam merespon perubahan cepat yang teriadi di industri. Penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika sering tak

sejalan dengan kebutuhan industri. Permasalahan ini yang coba dipecahkan oleh Pemerintah melalui Kemdikbud Ristek melalui program MBKM.” 

Ia juga menambahkan, bahwa UTS tentu melihat hal ini sebagai sebuah peluang untuk

meningkatkan kapasitas lulusan. Seluruh mahasiswa UTS sebelum lulus pasti mengikuti program MBKM di luar perkuliahan di Prodi. Magang di Industri (UTS Internship) merupakan opsi yang paling favorit dipilih oleh mahasiswa. 

“Kami juga berbincang mengenai kolaborasi kedepannya bersama Pak Nurdin dan Pak Radityo. Tentu ini merupakan penghargaan untuk UTS bisa terlibat dalam kolaborasi dengan perusahaan nasional sekelas Medco. Pengalaman praktisi di lapangan tentu akan sangat berharga jika dibagikan kepada sivitas akademika UTS melalui program Praktisi Mengajar.” Pungkas Rektor UTS.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024