Prodi Sastra Indonesia, Tingkatkan Kompetensi Dosen Melalui Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar

Sumbawa – Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 28 Agustus 2023 tersebut mengusung tema Peningkatan Kapasitas Dosen Sastra Indonesia melalui Penyusunan Bahan Ajar. Pelatihan tersebut  dihadiri oleh seluruh dosen dalam lingkungan Program Studi Sastra Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan  pemateri eksternal yang berasal dari Universitas Islam Malang, Dr. Abdul Rani, M.Pd. Pemateri pada kegiatan tersebut merupakan salah satu Dosen Bahasa Indonesia pada Pascasarjana, Universitas Islam Malang.

Pelatihan penyusunan bahan ajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan produksi bahan ajar bagi dosen di Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa. Kegiatan yang diselenggarakan secara luring dan daring tersebut berlangsung selama dua jam. Pemateri memberikan kesempatan diskusi yang lebih banyak dan hanya memberikan pemantik untuk diskusi dua arah berjalan cukup kondusif. Selama kegiatan, pemateri membeberkan pentingnya penulisan buku ajar, problem yang kerap dihadapi dosen dalam penyusunan bahan ajar, serta memberikan motivasi dan saran yang dapat meningkatkan kapasistas dosen dalam penyusunan bahan ajar. Pemateri juga menyisipkan pembahasan terkait pemanfaatan beberapa tools yang dapat membantu dosen dalam penyusunan bahan ajar, mulai dari library genesis hingga chat GPT.

“Dosen dapat mengidentifikasi tugas mahasiswa yang dikerjakan dengan memanfaatkan AI dengan memperhatikan bahasa yang digunakan.” Terang Abdul Rani dalam memberikan penjelasan terhadap salah satu pertanyaan dari peserta pelatihan. Kegiatan yang dipandu oleh Rusmin Nurjadin, M.Pd. selaku moderator, berjalan cukup khidmat. Sebagai penutup, moderator memberikan clossing statemantbahwa apa yang disampaikan oleh pemateri dalam kesempatan tersebut sangat bermanfaat bagi peserta pelatihan. Harapannya dan tentu sebagai hasil akhir dari pelatihan tersebut, dosen-dosen Program Studi Sastra Indonesia dapat menghasilkan minimal satu bahan ajar yang nantinya akan menjadi referensi bagi mahasiswa. (RMP)

144 Mahasiswa FEB UTS Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) Batch 1 2024

Sumbawa— UPT Olat Maras Training Center (OMTC) UTS bekerjasama dengan CV...

Read MoreJuni 10, 2024

KMS UTS Sosialisasikan Pembuatan Paving Blok Kepada Masyarakat Desa Pernek

Sumbawa, 6 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Sipil dan Program...

Read MoreJuni 10, 2024

SMArt UTS 2024, Hadirkan Kreasi dan Karya Generasi Muda 

UTS telah menggelar SMArt Event 2024 pada 28/05/2024 bertempat di...

Read MoreJuni 10, 2024