Prodi Sastra Indonesia, Tingkatkan Kompetensi Dosen Melalui Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar

Sumbawa – Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 28 Agustus 2023 tersebut mengusung tema Peningkatan Kapasitas Dosen Sastra Indonesia melalui Penyusunan Bahan Ajar. Pelatihan tersebut  dihadiri oleh seluruh dosen dalam lingkungan Program Studi Sastra Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan  pemateri eksternal yang berasal dari Universitas Islam Malang, Dr. Abdul Rani, M.Pd. Pemateri pada kegiatan tersebut merupakan salah satu Dosen Bahasa Indonesia pada Pascasarjana, Universitas Islam Malang.

Pelatihan penyusunan bahan ajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan produksi bahan ajar bagi dosen di Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa. Kegiatan yang diselenggarakan secara luring dan daring tersebut berlangsung selama dua jam. Pemateri memberikan kesempatan diskusi yang lebih banyak dan hanya memberikan pemantik untuk diskusi dua arah berjalan cukup kondusif. Selama kegiatan, pemateri membeberkan pentingnya penulisan buku ajar, problem yang kerap dihadapi dosen dalam penyusunan bahan ajar, serta memberikan motivasi dan saran yang dapat meningkatkan kapasistas dosen dalam penyusunan bahan ajar. Pemateri juga menyisipkan pembahasan terkait pemanfaatan beberapa tools yang dapat membantu dosen dalam penyusunan bahan ajar, mulai dari library genesis hingga chat GPT.

“Dosen dapat mengidentifikasi tugas mahasiswa yang dikerjakan dengan memanfaatkan AI dengan memperhatikan bahasa yang digunakan.” Terang Abdul Rani dalam memberikan penjelasan terhadap salah satu pertanyaan dari peserta pelatihan. Kegiatan yang dipandu oleh Rusmin Nurjadin, M.Pd. selaku moderator, berjalan cukup khidmat. Sebagai penutup, moderator memberikan clossing statemantbahwa apa yang disampaikan oleh pemateri dalam kesempatan tersebut sangat bermanfaat bagi peserta pelatihan. Harapannya dan tentu sebagai hasil akhir dari pelatihan tersebut, dosen-dosen Program Studi Sastra Indonesia dapat menghasilkan minimal satu bahan ajar yang nantinya akan menjadi referensi bagi mahasiswa. (RMP)

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024