Belajar Teknik Komunikasi Organisasi di “On Improving Organizational Communication Skills”

Sumbawa – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa menyelenggarakan Workshop bertajuk “On Improving Organizational Communication Skills” yang dilaksanakan pada Ahad (7/01) di Aula Hotel Cendrawasih Sumbawa. Workshop diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 yang tergabung dalam mata kuliah Komunikasi Kelompok dan Organisasi.

Bersama Lalu Ahmad Taubih S.AP, M.Sc., CHCM yang menjadi dosen pengampuh mata kuliah sekaligus pemateri pada Workshop, menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya Workshop “On Improving Organization Communication Skills”  adalah untuk memperdalam kelimuan mahasiswa di bidang komunikasi organisasi. 

“Kami berupaya memberi ruang lebih kepada mahasiswa agar dapat melakukan pendalaman materi dan praktek lebih banyak terkait berbagai bentuk komunikasi yang dibutuhkan ketika mereka berada dalam lingkup kelompok dan organisasi serta dapat menjadi bekal penting bagi mereka saat memasuki industri kerja di masa depan, seperti Komunikasi Vertikal dan Horizontal, Komunikasi Internal dan Eksternal Organisasi, Komunikasi Langsung dan Tak Langsung, Komunikasi Formal maupun Komunikasi Non Formal.”

Workshop yang sekaligus menjadi pertemuan terakhir mata kuliah Komunikasi Kelompok dan Organisasi tersebut diikuti oleh seluruh peserta kelas dengan antusias. Mahasiswa mengaku memperoleh banyak manfaat. Zulkifli, Salah seorang mahasiwa yang menjadi peserta Workshop mengaku bahwa Workshop On Improving Organization Communication Skills memiliki rasa candu tersendiri.

 “Rangkaian workshopnya sangat seru, menarik, dan juga sangat melelahkan. Campur aduk banget rasanya. Dari Ilmu yang diajarkan, amat sangat penting menjadi bekal saya yang malu dan kaku dalam berkomunikasi dengan orang lain. Metode pengajarannya sangat menyenangkan, setiap materi yang diberikan dikonsep dengan simulasi dan game yang membuat seluruh peserta terlibat aktif sehingga worshop berjalan seru dan tidak membosankan.”

Hal senada juga disampaikan oleh Taraya Fadhilah tentang pengalamannya. “Model belajar uang dikemas dengan menarik sehingga bagi kami mahasiswa, ini adalah kelas yang tidak monoton. Yang pertama, dari segi kebermanfaatan nya, sangat bagus dan cocok untuk usia-usia kami yang cenderung banyak mengalami problem kelompok dan organisasi, dengan workshop ini bisa terjawab dan dapat pencerahan apalagi terkait materi Mendengarkan Aktif. Saya jadi lebih sadar atas kesalahan-kesalahan saya dalam ‘Mendengarkan’ rekan organisasi saya ketika mereka menayampaikan masalah. Sisi yang kedua, dari segi penyampaian materinya. 

Workshop ini pakai metode yang seru banget, menyelipkan game-game yang punya nilai tertentu terkait materi Leadership, Kerjasama Tim, Kekompakan dan Nilai Saling Melengkapi dalam menjalankan tugas-tugas kelompok. Bener-bener Plottwist, secara tidak langsung kita tersadarkan sama apa yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan untuk mencapai tujuan dalam organisasi. Yang terakhir, walaupun seharian banget tapi sangat tidak membosankan, karena rangkaian acaranya seru, jadi capeknya itu bukan capek yang lemes, tapi capek yang puas puas puas banget !

Mewakili program studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa, Ofi Hidayat, S.Ikom., M.I.Kom selaku Ketua Program Studi juga menyampaikan apresiasi positif terhadap kreativitas dosen dan keaktifkan mahasiswa untuk tumbuh bersama-sama. ‘Prodi akan terus mendukung kegiatan pengembangan kapasitas keilmuan dan keterampilan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan berbagai inovasi metode pembelajaran dan inovasi materi ajar sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja hari ini, salah satunya seperti pelaksanaan Workhop ini. Semoga kegiatan Workshop ini dapat berguna bagi mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kedalaman pengetahuan mahasiswa Ilmu Komunikasi dan pastinya ke depan akan sejalan dengan meningkatnya kualitias lulusan dan kemudian akan mengingkatkan serapan lulusan ke dunia kerja. ‘ tutupnya.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024