Memahami Literasi Media

LM

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB, bekerjasama dengan Universitas Teknologi Sumbawa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk, mengenalkan tentang KPID dan lembaga penyiaran kepada mahasiswa, memberikan pengetahun tentang siaran yang baik, serta pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran (P3SPS).  Bertempat di gedung Pengelola dan Inkubator Sumbawa Technopark UTS, pada (4/7) tadi.

Kegiatan sosialisasi Literasi Media yang dikemas dalam bentuk seminar tersebut, mengusung tema “Peningkatan Kapasitas Pengawasan Isi Siaran TV dan Radio bagi Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat”. Menghadirkan tiga pembicara, Miftahul Arzak, S.Ikom.,MA (Dosen Fikom UTS), berbicara tentang “Membangun Nalar Kritis Masyarakat dalam Mengawasi dan Mengkritisi Program Siaran TV dan Radio”, Anggota KPID NTB (Sahdan, S.Pd), membahas seputar “Deskripsi Pelanggaran Isi Siaran TV dan Radio Menurut UU 32/2002 dan P3SPS”, dan Husna Fatayati, S.Si (Anggota KPID NTB) mengupas seputar “Posisi KPID NTB dan Sanksi-sanksi Bagi Media TV dan Radio yang Melakukan Pelanggaran Isi Siaran”.

LM1

“Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, pelajar, mahasiswa dan masyarakat segera melaporkan apabila terjadi pelanggaran terkait Penyiaran. Serta tumbuhnya sikap krisis terhadap konten TV dan Radio dapat”, kata Fathul Rahman (Ketua Bidang Kelembagaan KPID NTB).

Setelah pemateri memaparkan terkait pembahasannya, para peserta diberikan untuk menanggapi isi pesan pemateri, baik dengan pertanyaan ataupun harapan. Akan menjadi kelanjutan antara UTS dengan KPID NTB yakni Memorandum of Understanding (MoU) sehingga dapat bersama-sama memantau dan mengawasi siaran Tv dan Radio di NTB.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024