Seminar Nasional Teknik Lingkungan UTS: Mendorong Pengelolaan Lingkungan Berbasis Green Jobs

Sumbawa, 10 Juli 2024 – Seminar Nasional Teknik Lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dengan tema “Pengelolaan Lingkungan Berbasis Green Jobs Menuju Pembangunan Berkelanjutan” telah sukses diselenggarakan. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan pekerjaan ramah lingkungan (green jobs) sebagai bagian dari upaya mencapai pembangunan berkelanjutan.

Seminar dan Kompetisi Nasional ke-1 Teknik Lingkungan merupakan inisiatif pertama dari program studi Teknik Lingkungan UTS untuk mengadakan kegiatan di tingkat nasional. Acara ini mengumpulkan akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait green jobs. Diharapkan, melalui seminar ini, tercipta kesadaran serta strategi konkret dalam mengelola lingkungan secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip-prinsip green economy. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperkuat jaringan kerjasama antara berbagai pihak dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan utama, yaitu meningkatkan reputasi akademik UTS, memperkuat jaringan dengan ahli dan institusi, mengembangkan kurikulum, memotivasi mahasiswa, serta meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong kolaborasi antara universitas, industri, pemerintah, dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan dan menerapkan strategi pengelolaan lingkungan yang efektif dan berkelanjutan.

Seminar dan kompetisi nasional ini dilaksanakan secara bertahap. Pendaftaran kompetisi dimulai pada tanggal 1 – 30 Juni 2024, sementara kegiatan seminar dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2024 secara online melalui Zoom Cloud Meeting dari pukul 09:00-12:00 WITA.

Seminar nasional ini menghadirkan sejumlah narasumber terkemuka, di antaranya: Ir. Sandy Muhammad, S.T., IPM – Project Manager PT. Rajo Rekayasa Konstruksi; Airana Nafira Ramadhita, S.Hut., M.Si. – Freelancer dan Individual Consultant; Dr. Beata Ratnawati, S.T., M.Si. – Dosen IPB University; Dr. Neri Kautsari, S.Pi., M.Si. – Dosen Universitas Samawa; dan Hamidah Nur Aulia – Mahasiswa Berprestasi Universitas Teknologi Sumbawa. Seminar ini dimoderatori oleh Nisa Nursahida, mahasiswa Teknik Lingkungan UTS.

Pramudya Bagas Utama, S.T., M.Sc., selaku Ketua Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, menyampaikan, “Seminar ini merupakan langkah nyata untuk membangun kesadaran dan aksi kolektif dalam mengelola lingkungan. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi pemantik semangat untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam bidang pengelolaan lingkungan berbasis green jobs. Semoga acara ini tidak hanya bermanfaat bagi para peserta, tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia.”

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan terjalin kolaborasi yang lebih erat antara berbagai pihak dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui penerapan green jobs.

Fakultas Hukum UTS Teken MoU dengan BMKG Provinsi NTB

Sumbawa, 04 September 2024 – Fakultas Hukum Universitas Teknologi Sumbawa resmi...

Read MoreSeptember 9, 2024

Kacamata Akademisi: Pengelolaan Lingkungan yang Cerdas untuk Mengatasi Banjir di Empang, Sumbawa

Indonesia dikenal sebagai negara yang rentan terhadap bencana alam, dan...

Read MoreSeptember 9, 2024

Fakultas Psikologi dan Humaniora Gelar Coaching Clinic untuk Persiapan Seminar Internasional

Sumbawa- Fakultas Psikologi dan Humaniora mengadakan Coaching Clinic sebagai persiapan...

Read MoreSeptember 9, 2024

Tindak Lanjut Pelaksanaan Ospek, Wakil Dekan FRS Adakan Pertemuan dengan Ketua Organisasi Mahasiswa (ORMAWA)

Sumbawa Besar, – Wakil Dekan Fakultas Rekayasa Sistem, Nora Dery...

Read MoreSeptember 9, 2024