Fakultas Psikologi UTS Prakarsai ADOLESENCE CHARACTER BUILDING (ACB)

Penanaman dan pembentukan karakter kepemimpinan (leadership) meliputi nilai-nilai keimanan, berwawasan, mempunyai kepekaan sosial, cakap dan memiliki integritas yang tinggi perlu dilakukan sejak dini.

Fakultas Psikologi  UTS memprakarsai Kegiatan ADOLESENCE CHARACTER  BUILDING (ACB), Pembentukan dan Pananaman Karakter melalui Pendekatan Psikologisyang bertujuan memberikan tuntunan kepada peserta menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, rasa dan karsa sebagai upaya terencana untuk mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai berperilaku positif. ACB berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 Januari 2015, bertempat di Kampus UTS, Sumbawa.

Acara yang diikuti siswa siswi SMA SMK dan MA Se Pulau Sumbawa ini dibuka oleh Asisten  I, mewakili Bupati Sumbawa. Dalam sambutannya Muhammad Ikhsan, M.Pd mengatakan masalah kepemimpinan merupakan masalah yang urgen di hadapi oleh bangsa Indonesia terutama yang berhubungan dengan sistem pengkaderan. Salah satu solusinya yaitu dengan membangun sistem pengkaderan yang terprogram dan terpadu sejak dini. Bupati Sumbawa juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak teristimewa FP UTS yang telah memerakarsai kegiatan ini.

Dekan Fakultas Psikologi  UTS, Ilmiyati Zein, M.Psi, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menanamkan  nilai-nilai kepemimpinan dan pembentukan karakter remaja melalui pendekatan psikologis sehingga nantinya diharapkan bermanfaat baik bagi peserta maupun orang  sekitarnya. Hal senada juga  disampaikan oleh ketua panitia, Arif Ardiansyah, menurutnya kegiatan ini bertujuan menggali potensi diri serta menanamkan karakter yang kuat serta mengajak para siswa untuk keluar dari zona nyaman mereka demi mendapatkan pengalaman baru (experience) sehingga kedepannya  memiliki daya tahan yang kuat sebagai calon pemimpin. Menurut Arif, kegiatan ACB ini akan menjadi agenda tahunan Fakultas Psikologi UTS.

Selepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi tanyajawab yang membahas materi Membangun Leadership Sejak dini dan Pengembangan Diri Dalam Komunikasi Internasional. Dari pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan, antusiasme dan semangat peserta sangat tinggi. Begitu juga terkait keikutsertaan mereka di ACB.  Lucky Gunawan wakil SMAN 1 Sumbawa Besar sekaligus ketua kelas ACB sangat bersyukur menjadi bagian ACB, Saya sangat bersyukur sekali ikut ACB, kegiatannya positif sekali dan ini merupakan motivasi bagi saya untuk menggali potensi dan membentuk karakter diri saya ujarnya.  Pendapat lainnya juga disampaikan oleh Hikmatullah, siswi SMAN 1 Moyo Utara, selain sebagai ajang silaturrahim, ACB memberi pembelajaran yang banyak tentang kepemimpinan, kerjasama dan komunikasi yang baik. Hikmah berniat membagi ilmunya selama ACB ke teman-temannya di sekolahnya.

Kegiatan yang rencananya berlangsung selama lima hari ini diisi juga oleh narasumber dari PT NNT dan KNPI.  Rangkaian kegiatan bina suasana dan bangun keakraban ACB juga meliputi diskusi, training camp, outbound, penghijauan (go green), ceramah agama (kultum) dan praktek lapangan. Salah satu materi diskusi peserta yaitu membahas tentang Kreatifitas dalam menggunakan Sumber Daya Alam.  Setiap peserta nantinya akan diminta laporan analisa kegiatannya selama mengikuti ACB yang nantinya akan dievaluasi secara bersama.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin