1000 Elang Muda Resmi Jalani RESPEK UTS 2022

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah kegiatan terencana yang diselenggarakan pada awal tahun akademik, khususnya bagi   Mahasiswa   Baru   dalam   rangka   mempersiapkan diri di lingkungan pembelajaran baru di Perguruan Tinggi. PKKMB atau lebih dikenal sebagai masa orientasi Pengenalan Kampus ini, memiliki tujuan untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, para pimpinan kampus, dosen dan lain-lainnya. Oleh karena itu masa pengenalan kampus merupakan kegiatan yang penting dan harus dilaksanakan untuk mahasiswa baru, melaluinya dapat memberikan pemahaman bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat. Orientasi pengenalan kampus tentunya menjadi momentum berharga bagi para calon mahasiswa di universitas. UTS menyebut masa PKKMB ini dengan istilah RESPEK (Orientasi Pengenalan Kampus).

Pada 26/09/2022 Respek UTS 2022 resmi dilaksanakan. Diikuti oleh 1084 calon mahasiswa baru, bertempat di Lapangan Rektorat UTS kegiatan Respek UTS dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa Dwi Noviany, S.Pd., M.Pd. Turut hadir menyemarakan pembukaan masa orientasi Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc, Ketua Yayasan Dea Mas Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc dan segenap sivitas akademika UTS.

Dikenal sebagai Kampus Miniatur Indonesia, tahun ini UTS kembali menerima mahasiswa baru dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya; Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Papua, Kalimantan Timur, Banten, D.K.I. Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, serta Kepulauan Riau. Tahun ini Respek UTS mengusung tema “Mariposa” Melangkah Bersama, Totalitas Menggapai Asa dan akan diselenggarakan selama 4 hari mulai 26-29 September 2022.

Dr. Zul yang juga adalah founding father UTS dalam sambutannya kepada para Elang Muda menyampaikan kembali makna mendasar dari visi UTS “Menjadi Rumah Pembelajaran yang Nyaman dan Menyenangkan Untuk Tumbuh Utuh Sebagai Manusia dan Bermanfaat Bagi Semesta Alam.” Dr. Zul mengungkapkan tentang semangat untuk terus bertumbuh bagi para mahasiswa baru UTS, terus belajar, dan semangat dalam mewujudkan cita-cita. “Kampus kita boleh berada di Kaki Olat Maras, kampus kita boleh kecil, tapi mimpi-mimpi kita, mimpi-mimpi kalian haruslah besar.”

Materi terkait sejarah universitas disampaikan langsung oleh Hj. Niken Saptarini, Ia menuturkan bagaimana ide awal UTS dibangun, pencapaian universitas mulai dari dosen, mahasiswa, alumni dan hal lainnya. Serta bagaimana harapan kedepan UTS, tak lupa pula Ia memberikan semangat kepada para mahasiswa baru yang akan memulai tahap baru yakni dunia perkuliahan. “Para calon mahasiswa baru UTS, pantaslah disematkan pada kalian gelar Elang Muda, semoga kalian mampu menjadi versi terbaik diri, terbang jauh menjelajah dunia, menjadi insan yang penuh manfaat sesuai dengan mimpi besar pendiri kampus ini.” Tutur Niken.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D memberikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru UTS dari seluruh Indonesia. Ia berpesan agar para Elang Muda dapat mengikuti Respek UTS dengan sebaik mungkin, agar materi atau ilmu yang didapatkan selama 4 hari Respek dari berbagai pemateri dapat dijadikan bekal yang cukup sebelum menjalani masa perkuliahan kedepannya. “Selamat datang kepada Elang-elang Muda UTS tercinta. Selamat bergabung menjadi keluarga besar Kampus Olat Maras-Bukit Kebahagiaan. Semoga kalian mampu menyirami mimpi-mimpi besar kalian, bertumbuh bersama di UTS. Kami berharap kalian bisa merasa nyaman dan menjadikan UTS ‘rumah’ kedua kalian untuk tumbuh utuh sebagai manusia yang bermanfaat bagi semesta alam.” Pungkas Rektor.

Perilaku Eksisting Masyarakat Peternak di Sepanjang Sungai Brangbiji Sumbawa dalam Penerapan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM)

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (PSTL FTUI),...

Read MoreApril 3, 2024

Asesmen Lapangan Prodi Sosiologi UTS Terlaksana; Upaya Meningkatkan Standar Pendidikan

SUMBAWA – Program Studi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan...

Read MoreApril 3, 2024

Dua Mahasiswi FTLM Wakili UTS dalam Ajang ON MIPA 2024

Sumbawa, 28 Maret 2024 – Dua mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa...

Read MoreApril 3, 2024

UTS Siapkan Elang Muda Untuk Pilmapres Nasional 2024 Mendatang

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Universitas Teknologi Sumbawa tahun 2024 telah...

Read MoreApril 3, 2024